Kemampuan Manajerial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memberdayakan Masjid Sebagai Sarana Mengembangkan Budaya Agama Di MTS Raudatul Jannah Wonokusumo Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstrak
MTs Raudatul Jannah Wonokusumo Bondowoso adalah salah satu madrasah yang kental akan agamanya. Penelitian ini menggunakan Data Kualitatif. Penelitian ini digunakan berbagai macam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif terdiri dari empat tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Merencanakan dan mengaplikasikan dalam madrasah dengan memberdayakan masjid dalam maksud semua kegiatan dilakukan di masjid, budaya keagamaan yang dibentuk diantaranya adalah budaya salim, MP3 Al-Qur’an, bel pergantian jam pelajaran menggunakan shalawat, membaca Asma’ul Husna dan mengaji Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran, jum’at shadaqah, shalat dhuha dan dhuhur berjama’ah, mengaji dengan metode usmani, dan Ta’ziah. Upaya guru PAI dalam memberdayakan masjid dengan cara membiasakan peserta didik praktek langsung dalam kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh madrasah.
Diterbitkan
2020-03-20
##submission.howToCite##
Sholehatiin, N. P. I., & Sa’diyah, H. (2020). Kemampuan Manajerial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memberdayakan Masjid Sebagai Sarana Mengembangkan Budaya Agama Di MTS Raudatul Jannah Wonokusumo Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Nusantara Journal of Islamic Studies, 1(1), 34-42. https://doi.org/10.54471/njis.2020.1.1.34-42
Terbitan
Bagian
Articles