PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM

  • Rois Prianto Agung Nugraha IAIN KUDUS
  • Ashif Az Zafi IAIN Kudus

Abstract

  Abstrak: Metode pemecahan ini memiliki karakteristik sendiri dan dapat digunakan untuk bidang tertentu. Dalam Islam, fase proses terjadinya pada pembelajaran saya telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu proses integrasi antara siswa dan guru untuk mendapatkan tujuan pembelajaran di mana terjadi di tempat tertentu dan waktu tertentu. Kita dapat mendapatkan beberapa manfaat dari Rasulullah telah dicontoh: a) ketika pertanyaan itu diajukan, itu bisa memberi motivasi bagi pendengar untuk menjawab pertanyaan itu. b) pertanyaan dapat membuat pendengar terhindar dari pembicara. c) mengajukan pertanyaan dapat mencapai tujuan moral tiga aspek dan pendidikan, mereka kognitif, emosi, dan kinetic. d) pertanyaan dapat lebih ditekankan informasi atau pengetahuan. e) pertanyaan dapat membuat stimuli bagi pendengar mereka akan antusias mengetahui jawabannya.  Kata kunci: Metode Pemecahan, Masalah, Islam.
Published
2020-05-21
How to Cite
Agung Nugraha, Rois Prianto, and Ashif Az Zafi. “PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM”. Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan 5, no. 1 (May 21, 2020): 26-39. Accessed October 8, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3772.
Section
Articles