Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif Kurikulum 2013

  • Durrotul Faridah STAI Al-Yasini Pasuruan

Abstract

Komponen kurikulum 2013 yang harus ada di dalam pembelajaran Bahasa Arab meliputi: pertama,SKL adalah adalah kreteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. SKL digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. Kedua, Standar isiadalah Kreteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.Ketiga, Proses pembelajaran sedapat mungkin memenuhi kriteria interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Oleh karena itu satuan pendidikan melakukan perencanaan pembelajaran untuk mendisain skenario pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan karakteristik siswa yang pada satuan pendidikan.Keempat,Penilaian harus menyeluruh dengan menggunakan beragam cara dan alat untuk menilai beragam kompetensi atau kemampuan peserta didik. Penilaian yang mengarah pada kesesuaian teknik penilaian dengan kompetensi, serta penjenjangan penilaian.                             
Published
2019-01-24
How to Cite
Faridah, D. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif Kurikulum 2013. INTAJUNA : Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Produk Bidang Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 69-87. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/intajuna/article/view/4134
Section
Library Research