Nilai-Nilai Pendidikan Anti Kekerasan dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X dan XI SMA

  • Fahrizal Ibnu Pradana
Keywords: Pendidikan anti kekerasan, nilai-nilai anti kekerasan, buku ajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari banyaknya tindak kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan terutama di sekolah. Pendidikan yang seharusnya menjadi tempat menanamkan akhlak dan budi pekerti yang baik justru menjadi tempat menjamurnya tindak kekerasan. Pendidikan anti kekerasan merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meminimalisir adanya tindak kekerasan di dunia pendidikan. Pendidikan anti kekerasan tersebut dapat diintegrasikan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, sehingga penelitian ini difokuskan pada kandungan nilai pendidikan anti kekerasan dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X dan XI SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan dokumentasi. Penelitian ini mengggunakan pendekatan psikologi pendidikan, dan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik Analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kandungan nilai Pendidikan Anti Kekerasan dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X dan XI mencakup lima nilai/aspek yaitu saling percaya, kerja sama, tenggang rasa, penerimaan terhadap perbedaan, serta penghargaan terhadap kelestarian lingkungan. Nilai-nilai ini terdapat dalam 9 bab pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, serta 8 bab dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI. The background of this research originated from the many acts of violence that occurred in the education world, especially in schools. Schools that should be a place to instill good characters is becoming a place for violence to growing rapidly. Non-violence education is an alternative that can be used to minimize violence behavior in the education world. Non-violence education can be integrated in student’s subjects especially in Islamic Religious Education subject, so this research is focused on the content of non-violence education in Islamic Religious Education subject for Class X and XI Senior High Schools. Type of this research is library research with data collection is using documentation. This study uses an educational psychology approach, and data analysis is performed using content analysis techniques. The results of this study indicate that the value of Non-Violence Education in Islamic Religious Education subject for Class X and XI Senior High Schools includes five values​/aspects : mutual trust, cooperation, tolerance, acceptance of differences, and respect for environmental sustainability. These values ​​are contained in 9 chapters in the textbook of Islamic Religious Education for Class X, and 8 chapters in the book of Islamic Religious Education and Class XI Characteristics.
Published
2020-09-18