Studi Komparasi Prestasi Belajar Bahasa Arab Antara Peserta Didik Dengan Motivasi Agama Dan Motivasi Karir Di Lembaga Kursus Jogja Course Center Yogyakarta

  • Ikhsan Setiawan
Keywords: Prestasi belajar bahasa Arab, studi komparasi, motivasi agama, motivasi karir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar bahasa Arab Peserta didik dengan motivasi agama dan peserta didik dengan motivasi karir, serta perbedaan prestasi bahasa Arab antara keduanya.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, di Lembaga Kursus Jogja Course Center (JCC) Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Rata-rata Prestasi belajar bahasa Arab peserta didik dengan motivasi agama mempunyai nilai rata-rata 69,7. 2) Prestasi belajar bahasa Arab yang dicapai peserta didik dengan motivasi karir mempunyai nilai rata-rata 72,8. 3) Berdasarkan hasil uji tes yang peneliti lakukan, menunjukan bahwa besarnya t0 adalah 1,312 sedangkan besarnya tt.ts5%  dan tt.ts1%   yakni 2,05 dan 2,76, maka dapat diketahui t0 lebih kecil daripada tt, yaitu : 2,05>1,312<2,76 karena t0 lebih kecil daripada tt, maka hipotesis nihi (Ho) diterima. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi belajar bahasa Arab antara peserta didik yang mempunyai motivasi agama dengan peserta didik yang mempunyai motivasi karir tidak terdapat perbedaan yang signifikan. This is a field research in the form of  methode research type. The methode  to find data’s is observation, interview, documentation and questioner. Then the technic to croos check about validity of data’s is validity, reability, normality and homogeneity test. Technic of analyze data’s is sample t test. The results of this study show that: 1) Average Arabic learning achievement of students with religious motivation has an average value of 69.7. 2) Arabic learning achievement achieved by students with career motivation has an average score of 72.8. 3) Based on the results of test tests that the researchers conducted, it shows that the magnitude of t0 is 1.312 while the magnitude of tt.ts5% and tt.ts1% is 2.05 and 2.76, so it can be seen that t0 is smaller than tt, namely: 2.05 > 1.312 <2.76 because t0 is smaller than tt, so the null hypothesis (Ho) is accepted. So it can be concluded that the learning achievement of Arabic among students who have religious motivation with students who have career motivation has no significant difference.
Published
2020-09-30