Metode Forward and Backward Steps sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Nurul Amanah Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i2.3325Keywords:
pembelajaran matematika, Forward and Backward StepsAbstract
Pembelajaran matematika di sekolah merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pendidikan yang bertujuan membawa siswa pada suatu keadaan yang lebih baik. Untuk mencapai hasil yang baik, diperlukan usaha-usaha yang menuntut seorang guru untuk inovatif dan kreatif. Pada penelitian awal yang dilakukan, banyak siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal matematika pada materi bilangan bulat. Untuk itu peneliti akan mengunakan action reseach dalam menguji metode Forward and Backward Steps sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi belajar dan meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat siswa SMP Kelas VII SMP Nurul Amanah.References
_________________, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Effensi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 13. No 2. Hal 1–10.
Heirdsfield, Ann. 2000. Mental computation: Is it more than mental architecture: Presented at the Annual Meeting of the Australian Association for Research in Education. Sydney.
Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA Universitas Negeri Malang
Karim, Asrul. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika. Edisi Khusus. No 1. Hal 21–32.
Krismanto, AL. 2003. Beberapa Teknik, Model, Dan Strategi Dalam Pembelajaran Matematika. Pelatihan Instruktur/Pengembang SMU.Yogyakarta: PPPG Matematika Yogyakarta. Hal 1–17
Peraturan Pemerintah. 2008. Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar. Jakarta: DPR RI.
Purnomo, Yoppy Wahyu. 2013. Komputasi Mental Untuk Mendukung Lancar Berhitung Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Hal 658–662
Sanjaya, Wina H. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.