Strategi Pengembangan Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini di TK TAAM Adinda Menganti Gresik
DOI:
https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i1.3393Keywords:
Strategi Pengembangan ; Pendidikan Agama Islam ; Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan judul Strategi Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di TK TAAM Adinda Menganti Gresik yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana strategi pengembangan PAI di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik? (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan strategi pengembangan PAI di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik? (3) bagaimana hasil dari penerapan strategi pengembangan PAI terhadap prestasi belajar peserta didik di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik?. Berdasarkan fokus masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan PAI di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik? (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan strategi pengembangan PAI di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik? (3) untuk mengetahui bagaimana hasil dari penerapan strategi pengembangan PAI terhadap prestasi belajar peserta didik di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik?. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa: strategi pengembangan PAI yang dilakukan di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik sangat tepat sekali, dengan mengadopsi dari teori-teori dan konsep pembelajaran ala Rasulullah dan dipadukan dengan konsep dan teori-teori pembelajaran yang berkembang saat ini. Faktor pendukung penerapan strategi ini adalah pendidik memiliki kemampuan menyampaikan ajaran agama Islam, adanya fasilitas yang berupa TV dan VCD, dan memiliki buku-buku Islami sebagai penunjang pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya persediaan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran, terbatasnya media pembelajaran sehingga metode yang digunakan dalam pembelajaran pun kurang bervariasi, dan perbedaan latar belakang keluarga serta minimnya dalam pemahaman agama. Keberhasilan pembelajaran PAI tersebut telah berpengaruh positif bagi TK TAAM Adinda baik secara sosiologis maupun psikologis.References
Ahmadi, dkk., Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu (pengaruhnya terhadap konsep, mekanisme dan proses pembelajaran sekolah swasta dan negeri), Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher, 2011.
Ali Muhammad Daud, Pendidikan Agama Islam, Jaklarta : Raja Grafindo Persada, 2008.
Arifin, H. M. , Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta : Bumi Aksara, 2000.
Arsyad Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2003.
Asy’ari, Pendidikan Islam, Jakarta : Rubbani Press, 2011.
Creswell J.W., Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Methodes Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar, 2010.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka. 2005.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
D. Ahmad Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung : AlMa’arif, 1989.
F. Du Bois Nelson, Educational Psychology and Instructional Decision, Homewood : Illionis the Dorsey Press, 1979.
Lexy. J.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam (Mengurai Benang Kusut Pendidikan), Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
-----------, Rekonstruksi Pendidikan Islam (Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran), Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada., 2009.
Mujib Abdul dan Yusuf Mudzakirn, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana, 2008.
Mukminan, Desain Pembelajaran, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2004.
Nafis Ahmad H. Sukron, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta :Laksang PRESSindo, 2011.
Nahlawi, An-, Abdurrahman, Ushulu al-Tarbiyah al-slamiyah, (Beirut : Dar al-Fikr, 1999.
Nata Abuddin, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media group, 2009.
Nizar Syamsul dan Zainal Abidin Hasibuan, Hadist Tarbawi : Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rosululloh, Jakarta: Kalam Mulia, 2011.
Noorlaila Iva, Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : BSNP, 2006.
Pupuh Faturrohman dan Sutikno M. Sobry, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam, Bandung: PT Refika Aditama., 2014.
Republik Indonesia, Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2006
Riyanto Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas), Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2012.
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Rusman dkk., Pembelajaran Berbasis Tehnologi Informasi dan Komunikasi, Membangun Profesionalitas Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Siregar Eveline dan Nara, Hartini, Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet. Ke-1, Bogor : Ghalia Indonesia, 2010.
Salma Dewi & Eveline Siregar, Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media bekerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta, 2004.
Suparno Paul dkk, Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi, Yogyakarta: Kanisius, 2002.
Suwaib Muhammad, Mendidik Anak Bersama Nabi (Panduan Lengkap Pendidikan Anak Disertai dengan Teladan Kehidupan Para salaf), terj. Salafudin Abu Sayyid, Surakarta : Pustaka Arafah, 2007.
Tafsir Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2008.
Tanzeh Ahmad, Metode Penelitian Praktis, Yogyakarta:Teras, 2009.
Ulwan Abdullah Nashih, Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta : Pustaka Amani, 2007.
Zuhairini dkk, Metodik Khusus Pendidikan Agama Dilengkapi dengan System Modul dan Permainan Simulasi, Surabaya : Usaha Nasional, 1983.
Wikipedia. (2007). Early Chilhood Education. Diakses dari http://en.wikipedia.org/wiki/early_chilhood_education. Pada tanggal 2 September 2014 , jam 11.11 WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.