Dasar-dasar Kurikulum Berbasis Multikultural (Filsafat Kurikulum yang Mengitarinya)

Authors

  • Zainal Arifin Dosen PAI STAI Miftahul Ula Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i1.3401

Keywords:

Multikultura, kurikulum, filsafat

Abstract

Dalam dunia pendidikan, kurikulum menjadi tolok ukur dan rancangan keberhasilan pendidikan. Pendidikan yang baik ditandai dengan perumusan serta pengimplementasian kurikulum yang baik pula. Karena itu, agar dapat berdiri tegak kuat dan tidak roboh serta dapat tercapai tujuan pendidikan, kurikulum haruslah didasari dengan dasr filsafat yang kuat. Melalui metode kepustakaan (library research), penulis akan mengupas dasar kurikulum mengenai filsafat yang berada di dalamnya melalui sudut pandang multikulturalisme. Hasil dari kajian ini adalah penerapan multikulralisme dalam pendidikan sehingga menjadi “pendidikan multikultural†sangatlah tepat mengingat Indonesia adalah negara multikultur terbesar di dunia. Terlepas dari pro kontra pendidikan multikultural, sebelum menerapkan konsep pendidikan multikultural, tentunya terlebih dahulu kita formulasikan kurikulum yang berbasis multikultural dengan filsafat multikulturalisme sebagai roh kurikulum tersebut.

References

Abdullah Aly, Pendidikan Islam Multikultural Pesantren, Telaah terhadap Kurikulum Pondok Pesantren Islam Modern Assalam Surakarta, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
Dikjen Dikdasmen Depdiknas RI, Pendekatan Kontektual, Contektual Teaching and Learning (CTL), Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas, 2003
Djunaidi Ghoni, Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural dalam Kajian ayng tidak dipublikasikan
HAR Tilaar, Multikulturalisme, Tantanagan-tantangan Global Masa Depan dalam Tranformsi Pendidikan Nasional, Jakarta: Grasindo, 2004
John. A Zahorik, Contructivist Teaching, Bloomongton Indianan: Phil Delta Kappa Educatioanal Foundation, 1995
Kokom Komalasari, Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi, Bandung: Refika Aditama, 2013. Lorsbach dan K. Tolbin, Constructivism as a Referent for Science Teaching, NARS Reseach Matters to the Science Teacher. No. 30, 1992
Made pidarta, Landasan Kependidikan, Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Riena Cipta , 2013
Muhaimin, Pengembangan Kurikuum Pendidikan Agama Islam, di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Pt. Raja Grafido Persada, 2005
Peraturan Pemerintah RI No 19 Tahun 2005 Tantang Standar Nasional Pendidikan
Ridha Ahida, Konsep Keadilan pada Masyarakat Multikultural dilihat dari Perspektif John Rawls dan Will Kymlicka, dalam Perpustakaan Digital Universitas Indonesia,
Sholeh Hidayat, Pengembangan Kurikulum Baru,Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2015
Undang-undang No. 20 Yahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional dan Penjelasannya, Yogyakarta: Media Wacana, 2003
Yusuf Akhyar. Multikulturalisme dalam Perspektif Filsafat. Kajian dalam seminar “Student Circle” Pusat Studi Islam Paramadina dan Islamic College for Advance Studies (ICAS) Jakarta, 12 Maret 200
Zakiyuddin Baidlowy, Pendidikan Agama Benvawasan Multikulturalisame, Jakarta: Erlangga, 2005

Downloads

Published

2019-03-16

How to Cite

Arifin, Z. (2019). Dasar-dasar Kurikulum Berbasis Multikultural (Filsafat Kurikulum yang Mengitarinya). Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 135–154. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i1.3401

Issue

Section

Articles