Pembaharuan Sistem Pendidikan di Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i1.3819Keywords:
Pembaharuan, Pendidikan, Pondok Pesantren.Abstract
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan asli (indigenous) Indonesia. Eksistensi pondok pesantren tidak bisa dilepaskan dari adaptasi dan pembaharuan yang dilakukandengan berpedoman “Al muhafadzah ‘ala al qadim al shalih, wa al akhdzu bi al jadid al ashlah.â€Tetap memegang tradisi yang positif, dan mengimbangi dengan mengambil hal-hal baru yang positif. Respons pondok pesantren terhadap perubahan dan dinamika zaman berbeda-beda. Umumnya perubahan dalam pondok pesantren berlangsung dalam tahapan yang pelan dan sukar diamati. Kyai memegang peran penting dalam proses pembaharuan dalam kehidupan pondok pesantren. Secara umum, para kyai mengambil sikap yang lapang dada dalam menyelenggarakan modernisasi lembaga-lembaga pesantren di tengah-tengah perubahan masyarakat Jawa, tanpa meninggalkan aspek-aspek positif daripada sistem pendidikan Islam tradisional. Setidaknya ada empat level pembaharuan dalam sistem pendidikan Islam di Indonesia, termasuk pesantren di dalamnya. Pertama, level kelembagaan. Kedua, level substansi isi kurikulumnya. Ketiga, level metodologis. Keempat, level fungsi. Dari keempat level pembaharuan tersebut, yang terjadi adalah pembaharuan pada level kelembagaan, kurikulum, dan metodologi pengajaran. Sementara pembaharuan terhadap fungsi pondok pesantren jarang sekali terjadi. Artinya pondok pesantren tetap menjadi lembaga pendidikan keagamaan sebagai tempat untuk transfer ilmu-ilmu keagamaan, mencetak ulama dan ahli agama yang tafaqquh fiddin dan mampu mengkader insan yang mutafaqquh fiddinReferences
Basori, Ruchman. 2008. Founding Father Pesantren Modern Indonesia Jejak Langkah K.H. A. Wahid Hasyim. Jakarta: Inceis.
Daulay, Haidar Putra. 2009. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
Fachrurazi. 2016. “Pembaharuan Sistem Pembelajaran Pondok Pesantren (Tradisional Versus Modern)â€, dalam Jurnal At-Turats, Vol. 10, No. 2, Tahun 2016.
Ghazali, M. Bahri. 2002. Pesantren Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Prasasti.
Hambali. 2014. “Globalisasi dan Pendidikan Pesantren†dalam Jurnal Al-Ta’lim, Vol. 13, No. 2, Juli 2014.
Junaidi, Junaidi. "Model Pendidikan Multikultural." Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 2.1 (2018): 57-72.
Madjid, Nurcholish. 1997. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.
Moelijono, Anton M., dkk. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Mudzhar, HM Atho. 2008.“Pesantren Transformatif: Respon Pesantren Terhadap Perubahan Sosial,†dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 6 Nomor 2, Arpil-Juni 2008.
Nasution, Harun. 1992. Pembaharuan dalam Islam; Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang.
Nata, Abuddin (ed.). 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa.
Oxford Learner’s Pocket Dictionary 3rd ed. 1982. Oxford University Press.
Ramdhan, Tri Wahyudi. "Islam Nusantara: Pribumisasi Islam ala NU." Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 2.1 (2018): 73-91.
Ramli, Muhamad . 2017. “Manajemen dan Kepemimpinan Pesantrenâ€, dalam Jurnal Al-Falah, Vol. XVII, No. 32 Tahun 2017.
Ruswanto. 2016. “Pesantren dan Pembaharuan (Study Tentang Asal-usul Pesantren, Pemikirannya, dan Isu Radikalisme Pesantren)â€, dalam Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 7, Mei 2016.
Suryopratondo, Suparlan dkk. 1976. Kapita Selekta Pondok Pesantren. Jakarta: Paryu Barkah.
Szyliowics, Joseph S. 2001. Pendidikan dan Modernisasi di Dunia Islam, Alih Bahasa: Achmad Jainuri. Surabaya: Al-Ikhlas.
Team Penyusun BKP3. 1976. Peranan Pondok Pesantren dalam Pembangunan. Jakarta: Paryu Barkah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.