PERAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM GERSEMPAL OMBEN SAMPANG DALAM PENANGANAN PENCEGAHAN COVID 19

Authors

  • Zainuddin Zainuddin
  • Musleh Musleh
  • Maryam Qadarin
  • Muslihul Umam

Keywords:

Covid 19, Peran Pondok Pesantren Darul Ulum, Desa Gersempal

Abstract

Selain sebagai Institusi Pendidikan Islam di Indonesia, pondok pesantren punya peran aktif dalam masalah sosial kemasyarakatan di Indonesia. Wabah Covid-19 merupakan sebuah bencana global, dan sudah di tetapkan oleh WHO sebagai pandemi sejak akhir tahun 2019. Maka pondok pesantren memiliki peranan yang sangat signifikan dalam upaya preventif penyebaran Covid-19 ini. Artikel ini memaparkan strategi atau peran pondok pesantren Darul Ulum Gersempal serta kontribusi santri terhadap masyarakat sekitar khususnya di Desa Gersempal dalam penanganan penyebaran Virus Corona. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan literatur. Data yang didapat bersumber dari hasil Pengabdian Masyarakat dan berbagai buku dan jurnal ilmiah. Tujuan penulisan artikel ini, untuk memotivasi masyarakat tentang pentingnya mencegah penyebaran Covid-19, serta memberikan penyadaran kepada masyarakat agar ikut andil dalam penanganan coronavirus yang menyebar diseluruh belahan dunia. Untuk itu, pondok pesantren Darul Ulum Gersempal banyak mengeluarkan kebijakan yang menguntungkan terhadap masyarakat atas urgensi pencegahan virus yang mematikan ini.

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Zainuddin, Z., Musleh, M., Qadarin, M., & Umam, M. (2020). PERAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM GERSEMPAL OMBEN SAMPANG DALAM PENANGANAN PENCEGAHAN COVID 19. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/4229

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.