PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM MEMPEROLEH PENDIDIKAN FORMAL DI DESA TADDAN KECAMATAN CAMPLONG KABUPATEN SAMPANG

Authors

  • Fathorrahman Fathorrahman
  • Moh. Hasyim As'ari Moh. Hasyim As'ari
  • Mashuri Mashuri

Keywords:

Upaya Masyarakat, Memperoleh Pendidikan Formal, Desa Taddan

Abstract

Penduduk Desa Taddan Camplong dari jumlah penduduk usia sekolah dasar 1036 anak, tingkat SMP 442 anak dan SMA 178 anak, banyak penurunan yang siknifikan yang terjadi pada masyarakat Desa Taddan untuk memperoleh pendidikan formal yang lebih tinggi. Dari informasi dan data dokumentasi tersebut bahwa masyarakat pada usia sekolah yang ada di atas, kesempatan anak-anak usia sekolah sangat luas pada tingkat sekolah dasar. Akan tetapi ketika menginjak ke sekolah lanjutan pertama dan seterusnya dirasakan mulai adanya indikasi akan penurunan jumlah anak sekolah, hal ini dibuktikan dengan banyaknya keluhan-keluhan yang dikeluarkan oleh masyarakat Desa Taddan mengenai pendidikan anak-anaknya. Jadi dengan demikian, sebenarnya kesempatan mengenyam pendidikan formal yang lebih tinggi dimiliki oleh anak-anak di Desa Taddan, akan tetapi bersifat relatif. Dengan maksud bahwa dari jenjang pendidikan yang rendah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi kesempatan itu semakin sempit. Kata Kunci: Upaya Masyarakat, Memperoleh Pendidikan Formal, Desa Taddan .

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Fathorrahman, F., Moh. Hasyim As’ari, M. H. A., & Mashuri, M. (2020). PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM MEMPEROLEH PENDIDIKAN FORMAL DI DESA TADDAN KECAMATAN CAMPLONG KABUPATEN SAMPANG. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 68–84. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/4271

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.