Implementasi Metode Kaifiyati Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Bacaan Al-Qur’an Anak-Anak (Studi Desa Karang Anyar, Proppo, Pamekasan)

Authors

  • Muhammad Syaiful Bahri Hidayat Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan
  • Firman Firman IAI Miftahul Ulum Pamekasan
  • Nurkholis Nurkholis IAI Miftahul Ulum Pamekasan

Keywords:

Makhorijul Huruf, Hijaiyah, Metode Kaifiyati

Abstract

Madrasah Diniyah, TPQ, Masjid dan Musholla adalah lembaga pendidikan yang menyajikan berbagai macam pelajaran keagamaan, salah satunya adalah membaca kitab suci Al Qur’an dengan baik dan benar. Belajar materi tajwid serta makhorijul huruf, merupakan materi yang tidak memungkinkan didapat pada sekolah umum. Materi agama Islam yang diperoleh di sekolah umum oleh para orang tua dianggap kurang memaadai, sehingga orang tua memilih untuk memasukkan buah hati mereka ke Madrasah Diniyah TPQ, masjid serta Musholla di malam hari, guna mendapatkan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) atau empiris. Sedangkan data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara dokumenter. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran metode pengajaran al-Quran seperti kaifiyati bertujuan melengkapi materi Al-Quran yang ada, selain itu, agar pembelajaran Al-Quran yang ada bisa menjadikan peserta didik yang memiliki bacaan Al-Quran baik dan benar

References

Adil, Ahmad, et al. "Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik." Jakarta: Get Press indonesia (2023).

Fauzan, Muchamad. “Upaya Pembangunan Karakter Mahamurid STAIN Pekalongan,” t.t., 24.

Hidayat, Muhammad Syaiful Bahri, and Lisa Nurul Fadhilah. "Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 10 Samarinda." Halimi: Journal of Education 3.2 (2022): 186-199.

Hidayat, Muhammad Syaiful Bahri. SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INTEGRATED PROJECT DI SMP ISLAM AL AZHAR CAIRO YOGYAKARTA. Diss. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 2020.

Hidayat, Muhammad Syaiful, and Maltuful Anam. "PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS CONNECTED PROJECT MODEL ROBIN FOGARTY." Tanfidziya: Journal of Arabic Education 1.03 (2022): 167-177.

Muafatun, S., & Rohman, M. M. (2021). POTRET GURU IDEAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. AL-ALLAM, 2(1), 53-67. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/4727/3223.

Mu’minin, N., Latif, Y., Muafatun, S., & Bulan, S. (2024). ANALISI METODE STIFIN DALAM MENGEJAWANTAHKAN NILAI-NILAI KARAKTER BERBASIS AL-QUR’AN (Studi Rumah al-Qur’an Stifin Desa Telaga, Kec. Pegantenan, Kab. Pamekasan). PROFICIO, 5(2), 87-99. https://doi.org/10.36728/jpf.v5i2.3403.

Mukroji, Mukroji. “Hakekat Guru Dalam Pandangan Islam.” Jurnal Keguruan 2, no. 2(2014): 15–29. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.550.

Nur Handayani, Iys, dan Suismanto. “Metode Kaifiyati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Anak.” Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, No. 2 (Juni 2018).

Nurjanah, Lia. “Efektivitas Penerapan kaififyatih Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantrenal-Hikmah Kedaton Bandar Lampung.” Undergraduate, UIN Raden Intan Lampunsg, 2018. http://repository.radenintan.ac.id/4427/.

Prana D. Iswara. “Pengembangan Materi Ajar dan Evaluasi pada Keterampilan Mendengar dan Membaca” 3, no. 1 (1 Maret 2016). https://doi.org/10.1sjs7509/mimbar-sd.v3i1.2359.

Rodiah, Rodiah. “Implementasi Metode kaifiyati Dalam Pembelajaran baca al qur an Pesantren Al-Munasjswwaroh Kab. Kepahiang Provinsi Bengkulu.” Jurnal Literasiologi 1,no. 1 (2018): 22–22.

Rohman, M. M. (2023). STRATEGI BARU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA SOCEITY 5.0. BIDAYAH: STUDI ILMU-ILMU KEISLAMAN, 258-270. https://doi.org/10.47498/bidayah.v14i2.2229.

Rohman, M. M. (2023). STRATEGI BARU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA SOCEITY 5.0. BIDAYAH: STUDI ILMU-ILMU KEISLAMAN, 258-270.

Rohman, M. M. R., &Rosadi, I. R. (2022). KONSEP TAZKIYAH AL-NAFZ FAKHRUDDIN AL-RAZI DALAM KITAB MAFATIH AL-GHAIB. BIDAYAH: STUDI ILMU-ILMU KEISLAMAN, 192-218.

Rohman, Mujibbur, et al. "Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif." (2023).

Ruqoyyah, Ruqoyyah, and Wasik Wasik. "Supervisi Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Qur’an." Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 8.2 (2023): 129-142.

Sugiati, Sugiati. “Implementasi Metode Sorogan Pada Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz PondokPesantren.” QATHRUNÂ 3, no. 01 (11 Desember 2016): 135–60.

Tahir, Rusdin, et al. METODOLOGI PENELITIAN BIDANG HUKUM: Suatu Pendekatan Teori Dan Praktik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Usman, Mohammad, and Wasik Wasik. "MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS SANTRI MELALUI PENDIDIKAN LANGGAR DI AL-KHAIRAT DAN AL-KHIKMAH PASEAN PAMEKASAN." PARTISIPATIF: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 3.1 (2023): 8-23.

Wasik, Wasik, A. Zainuddin, and Abdul Malik Karim. "Fitrah Manusia Dalam Pandangan Islam." Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman 8.2 (2022): 284-298.

Wasik, Wasik, et al. "Akselerasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Qur’ani Sidogiri." Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 6.1 (2023): 102-111.

Published

2024-04-12 — Updated on 2024-04-12

Versions

How to Cite

Hidayat, M. S. B. ., Firman, F., & Nurkholis, N. (2024). Implementasi Metode Kaifiyati Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Bacaan Al-Qur’an Anak-Anak (Studi Desa Karang Anyar, Proppo, Pamekasan). Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 46–56. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/7522

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.