Implementing the Principles of Educational Psychology to Create Effective Learning
DOI:
https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v12i2.4769Keywords:
Principles, Educational, Psychology, Effective learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip psikologi pendidikan dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan penelitian yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru SDIT Rabbi Radhiyya Curup. Total ada sembilan informan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi non-partisipan, dan wawancara tidak terstruktur serta triangulasi teknik dan sumber mengkonfirmasi keabsahan data—analisis data dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa prinsip-prinsip psikologi pendidikan diterapkan dalam proses belajar mengajar di SDIT Rabbi Rhadiyya Curup, merangsang kegembiraan dalam belajar, menunjukkan sambutan hangat, mempromosikan penghargaan dan mengembangkan persaingan yang sehat didorong selama proses berlangsung.References
Achruh, A. (2018). Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Landasan Sosial Budaya. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 7(1), 23–32.
Al Farizi, M. A. (t.t.). Dinamika Kebudayaan pada Pendidikan.
Alice, C., & Crow, L. D. (1990). Psikologi Pendidikan. Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru pada Satuan Pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79
Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Prenada Media.
Arfani, L. (2018). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2).
Craswell, J. W. (2016). Research Dseign: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Creawell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan. Pustaka Pelajar.
Cruickshank, Donald. R. (2014). Perilaku Mengajar. Selemba Humanika.
De Kay, D. (1968). Encyclopedia Americana. The Journal of Library History (1966-1972), 3(3), 201–220.
Desilawasi, D., & Amrizal, A. (2014). Guru Profesional di Era Global. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(77).
Dhofir, M. (2018). Karakter Guru Profesional. TARBAWI. Jurnal Studi Pendidikan Islami, 5(01).
Hall, Gene. E. (2017). Mengajar dengan Senang. I.
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285.
Hergenhahn, B., & Olson, M. H. (2015). Theories of Learning. Kencana.
Hurlock, E. B. (2000). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Seanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Iskandar, K. (2017). Profesionalisme guru dalam pendidikan Islam dan gambaran ideal seorang pendidik. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 1(1), 21–40.
Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Marbun, S. M. (2018). Psikologi Pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia.
Meleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mukti, M. A. (2017). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. AT-Ta’DIB: Jurnal Kependidikan dan Keagamaan, 1(1), 41–55.
Nurhayati, E. (2018). Psikologi Pendidikan Inovatif (Vol. 2). Pustaka Pelajar.
Ozdem-Yilmaz, Y., & Bilican, K. (2020). Discovery Learning—Jerome Bruner. Dalam Science Education in Theory and Practice (hlm. 177–190). Springer.
Perbowosari, H., Wijoyo, H., & Setyaningsih. (2020). Pengantar Psikologi Pendidikan. Penerbit Qiara Media.
Porter, B. D., & Hernacki, M. (2011). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaefa.
Purwanto, N. (2014). Psikologi pendidikan.
Rahma, U., & Dara, Y. P. (2017). Psikologi Pendidikan: Aplikasi Teori di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.
Rahmat, P. S. (2021). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.
Ria, D. R., & Wahidy, A. (2020). Guru Kreatif di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Sabri, A. (1996). Psikologi pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sakerebau, J. (2018). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96–111.
Sanjaya, P. (2019). Peranan Psikologi Pendidikan Sebagai Kompetensi Dasar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 4(2), 47–56.
Santrock, J. W. (2021). Psikologi pendidikan.
Sidiq, R., & Lukitoyo, P. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar Sejarah: Menjadi Guru Sukses. Yayasan Kita Menulis.
Simarmata, J., Iqbal, M., & Nasution, I. N. (2019). Tren dan Aplikasi: Strategi dan Inovasi Dalam Pembelajaran. Denpasar: Jayapangus Press.
Slavin, Robert. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Indek.
Snyder, C. R., Lopez, S. J., & Pedrotti, J. T. (2011). Positive Psychology. Sage.
Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20–31. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.395
Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sutarto, S., & Sari, D. P. (2020). Characteristics of Professional Teacher: A Psychological Review of The Personality of Prophet Muhammad SAW. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 6(2), 164–177.
Sutarto, S., Sari, D. P., & Fathurrochman, I. (2020). Teacher strategies in online learning to increase students’ interest in learning during COVID-19 pandemic. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), 129–137.
Syaharuddin, S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19. Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19.
Thalib, S. B. (2017). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Prenada Media.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462
Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). Pengembangan guru profesional menghadapi generasi alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22.
Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di MI). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.235
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dewi Purnama Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.