Pengaruh Multimedia (Handphone) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul `Ulum Megaluh Jombang

  • Eko Hadi Wardoyo Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Abstract

ABSTRAKSI

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif,  dengan  mengambil  latar  belakang  MI  Mambaul  ‘Ulum  Megaluh  Jombang.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  observasi,  wawancara,  angket  dan  dokumentasi. Tujuannya adalah  untuk  mendiskripsikan tentang  ada  tidaknya  pengaruh  multimedia  (Handphone)  terhadap  prestasi  belajar  siswa  kelas  V  di  MI  Mambaul  ‘Ulum  Megaluh  Jombang.  Hasil  penelitian  ini  diharapkan  akan  dapat  dipergunakan  untuk  menambah  informasi  ilmiah  tentang  pengaruh  multimedia  (Handphone)  terhadap  prestasi  belajar  siswa.Analisis  data  dilakukan  dengan  menggunakan  analisis  product  moment. Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa Pengaruh  Multimedia  (Handphone)  berpengaruh  positif  signifikan  untuk  Prestasi  Belajar  Siswa  Kelas  V  di  MI  Mambaul  ‘Ulum  Megaluh  Jombang.  Hal  ini  dibuktikan  dari  hasil  analisa  dengan  menggunakan  tehnik  statistik  dengan  rumus  product  moment,  diketahui  hasil  akhirnya  diperoleh  nilai  rxy  sebesar  (0,945).  Setelah  dikorelasikan  dengan  r  tabel  diperoleh,  untuk  r  tabel  5% = 0,433  dan  untuk  r  tabel  10% = 0,549.  Dengan  demikian  dapat  disimpulkan  bahwa  hipotesis  yang  penulis  ajukan  berbunyi  “  Terdapat  pengaruh  positif  antara  penggunaan  multimedia  (Handphone)  terhadap  prestasi  belajar  siswa  kelas  V  di  MI  Mambaul ’Ulum  Megaluh  Jombangâ€Â  dapat  diterima  kebenarannya.

Kata  Kunci :  Mutimedia  (Handphone),  Prestasi  Belaja

Author Biography

Eko Hadi Wardoyo, Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Lektor / Penata (III.c) Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu, Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002).

Arikunto, Suharsimi, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1985).

Azwar, Saifuddin, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).

Departemen Agama R.I. Al-Qur’an dan Terjemah, (Jakarta: Mahkota Surabaya, 2005).

Djamaroh, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002).

Djumransyah, M., Abdul Malik Karim Amrullah, PENDIDIKAN ISLAM, Menggali ”Tradisi”, Mengukuhkan Eksistensi, (Malang: UIN-Malang Press, 2007).

Faisal, Sanapiah, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1982).

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007).

Jurnal Penelitian UNIB, Vol. X, No.2, Juli 2004.

Kamus Umum Bahasa Indonesia.

Miarso, Yusufhadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Prenada Media, 2005).

Munandar, Utami, Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah, ( Jakarta: Gramedia, Anggota IKAPI, 1985).

Munir, Kurikulum Berbasis Tehnologi Informasi dan Komunikasi, Pengertian Multimedia Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta 11Samudra, 2009).

Prawiradilaga, Dewi Salma, Wawasan Teknologi Pendidikan, (Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2012).

Raharjo, Budi, Sejarah Handphone, dalam internet Br. School (of Thought), diakses 18 April 2013. BR. School (of Thought).

Rusyan, Tabrina, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta,1989).

Semiawan, Cony, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1990).

Shaleh, Abdul Rahman, Psikologi: Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004).

Sugiono, Metode Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2002).

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT RajaGafindo Persada, 2010)

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).

Yudhi, Munadi, Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2008).
Published
2016-09-21