Pengaruh Multimedia (Handphone) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul `Ulum Megaluh Jombang
Abstract
ABSTRAKSI
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar belakang MI Mambaul ‘Ulum Megaluh Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Tujuannya adalah untuk mendiskripsikan tentang ada tidaknya pengaruh multimedia (Handphone) terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Mambaul ‘Ulum Megaluh Jombang. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menambah informasi ilmiah tentang pengaruh multimedia (Handphone) terhadap prestasi belajar siswa.Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Multimedia (Handphone) berpengaruh positif signifikan untuk Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MI Mambaul ‘Ulum Megaluh Jombang. Hal ini dibuktikan dari hasil analisa dengan menggunakan tehnik statistik dengan rumus product moment, diketahui hasil akhirnya diperoleh nilai rxy sebesar (0,945). Setelah dikorelasikan dengan r tabel diperoleh, untuk r tabel 5% = 0,433 dan untuk r tabel 10% = 0,549. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan berbunyi “ Terdapat pengaruh positif  antara penggunaan multimedia (Handphone) terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Mambaul ’Ulum Megaluh Jombangâ€Â dapat diterima kebenarannya.
Kata Kunci : Mutimedia (Handphone), Prestasi BelajaReferences
Ahmadi, Abu, Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002).
Arikunto, Suharsimi, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1985).
Azwar, Saifuddin, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).
Departemen Agama R.I. Al-Qur’an dan Terjemah, (Jakarta: Mahkota Surabaya, 2005).
Djamaroh, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002).
Djumransyah, M., Abdul Malik Karim Amrullah, PENDIDIKAN ISLAM, Menggali â€Tradisiâ€, Mengukuhkan Eksistensi, (Malang: UIN-Malang Press, 2007).
Faisal, Sanapiah, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1982).
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007).
Jurnal Penelitian UNIB, Vol. X, No.2, Juli 2004.
Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Miarso, Yusufhadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Prenada Media, 2005).
Munandar, Utami, Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah, ( Jakarta: Gramedia, Anggota IKAPI, 1985).
Munir, Kurikulum Berbasis Tehnologi Informasi dan Komunikasi, Pengertian Multimedia Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta 11Samudra, 2009).
Prawiradilaga, Dewi Salma, Wawasan Teknologi Pendidikan, (Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2012).
Raharjo, Budi, Sejarah Handphone, dalam internet Br. School (of Thought), diakses 18 April 2013. BR. School (of Thought).
Rusyan, Tabrina, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta,1989).
Semiawan, Cony, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1990).
Shaleh, Abdul Rahman, Psikologi: Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004).
Sugiono, Metode Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2002).
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT RajaGafindo Persada, 2010)
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).
Yudhi, Munadi, Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2008).
- All material contained in this site is protected by law. It is prohibited to quote part or all of the contents of this website for commercial use without the approval of the board of editors of this journal.
- If you find one or more articles contained in Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies that violate or potentially infringe your copyright, please report it to us, via email to Priciple Contact.
- The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license.
- All Information contained in Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies is academic. Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies shall not be liable for any losses incurred by misuse of information from this site.