Pengaruh Nilai-nilai Pancasila dan Ajaran Islam Terhadap Tujuan Pendidikan Nasional
Abstract
ABSTRAKSI
Pancasila yang merupakan dasar Negara kita Indonesia mengandung nilai-nilai yang sinkron dengan ajaran Islam baik dilihat dari segi aqidah (kepercayaan), syari’ah (hukum) dan akhlak (moral). Pendidikan Nasional sebagaimana tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Laporan penelitian ini murni menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yang bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam terhadap tujuan pendidikan Nasional. Sesuai dengan jenis dan sifat data yang diperoleh dari penelitian ini, maka tehnik analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat sinkronisasi antara nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam, yaitu pada masing-masing silanya sesuai dengan ajaran Islam, baik dari segi akidah, syariah, dan akhlak. Kedua, pengaruh nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam terhadap tujuan pendidikan nasional adalah sangat besar yaitu keduanya sama-sama dijadikan tolok ukur dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.
Kata Kunci : Nilai-nilai Pancasila; Ajaran Islam; Tujuan Pendidikan;Â Nasional
References
Abdullah, Tata, Landasan Dan Prinsip Pendidikan Umum (Makalah), (Bandung, Sekolah Pasca Sarjana UPI Bandung, 2004).
Al-Jamali, Fadhil, Menerabas Krisis Pendidikan Dunia Islam, (Jakarta, Dolden Terayon Press, 1992).
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010).
Dahlan, Aziz, Abdul, Ensiklopedi Islam, (Jakarta, Ikhtiar Baru Vanhope, 2000).
Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta, Bulan Bintang, 1991).
Darmodiharjo, Darji, dkk., Santiaji Pancasila, (Surabaya, Usaha Nasional, 1972).
Hadi, Amirul, dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung : Pustaka Setia, 2005).
Haroen, Nasrun, Fiqh Mu’amalah, (Jakarta, Gaya Media Pratama, 2000).
Kasiram, Moh, Metodologi Penelitian, (Malang : UIN-MALIKI PRESS, 2008).
Ma’mur, Jamal, Asmani, Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan (Jogjakarta : DIVA Press, 2011).
Ma’mur, Jamal, Asmani, Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan, (Jogjakarta, Diva Press, 2011).
Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan ( Jakarta : Rineka Cipta, 2005).
Mu’in, Taib Thahir Abdul, M., Ilmu Kalam, (Jakarta, Widjaya, 1986).
Mujib, Abdul, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2008).
Nasution, Harun, Islam Ditinjau Dari Beberapa Aspeknya, Jilid I, (Jakarta, UI Press, 1979).
Nata, Abuddin, Metodologi Studi Islam,(Jakarta, Rajagrafindo Persada, 2012).
Nottingham, K, Elizabeth, Agama dan Masyarakat, (Jakarta, CV. Rajawali, 1985).
P.J.Suwarno, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, (Jakarta, Aksara Baru, 1982).
Rahman, Fazlur, Islam, (terj.) Senoaji Saleh, dari judul asli Islam, (Jakarta, Bina Aksara, 1987).
Razak, Nasrudin, Dienul Islam, (Bandung, Ma’arif, 1977).
Sami, Abdus, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, (Jakarta, Lautan Lestari, 2010).
Sastrapratedja, M, “Agama dan Kepedulian Sosial†dalam Sutjipto Wirosardjono, Agama Dan Pluralitas Bangsa, (Jakarta, P3M, 1991).
Sudrajat, Ajat, (Din Al-Islam) Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, (Yogyakarta, UNY Press, 2008).
Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, (Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada 2013).
Suryaman, Khaer, Pengantar Ilmu Hadits, (Jakarta, IAIN Jakarta, 1982).
Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia, (Jakarta, Hidakarya Agung, 1996).
Sumber lain :
Arti Hakikat dan Dasar Pendidikan- Haeder Akib. files. wordpress.com
http/Trisna Setiyaningsih. Blogspot.com/2015/12/ peranan-pancasila – dalam - pendidikan.html
robisevilla.blogspot.com/2016/03/aqidah-syariah-dan-akhlak.html
www. putra-putri-indonesia.com/tujuan-pendidikan-nasional.html
- All material contained in this site is protected by law. It is prohibited to quote part or all of the contents of this website for commercial use without the approval of the board of editors of this journal.
- If you find one or more articles contained in Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies that violate or potentially infringe your copyright, please report it to us, via email to Priciple Contact.
- The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license.
- All Information contained in Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies is academic. Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies shall not be liable for any losses incurred by misuse of information from this site.