Aspek-Aspek Kecerdasan Spiritual Dalam Konsep Pendidikan Nabi Ibrahim as

  • Imam Mashudi Latif Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Abstract

ABSTRAKSI

Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebih luas. Orang yang masuk dalam kategori memiliki kecerdasan spiritual biasanya memiliki kepedulian terhadap sesama. Nabi Ibrahim AS adalah nabi yang paling banyak disebut dalam al-Quran yang terkait langsung dengan pendidikan.

Berangkat dari fenomena dan latar belakang di atas, maka permasalahan yang dirumuskan dalam tulisan ini adalah: 1. Aspek-aspek kecerdasan spiritual apa yang terkandung dalam pendidikan Nabi Ibrahim AS? 2. Bagaimana implementasi kecerdasan spiritual pada konsep pendidikan Nabi Ibrahim AS melalui rukun Islam, rukun Iman dan Ihsan? Dari tulisan ini menunjukkan bahwa: 1. Aspek-aspek kecerdasan spiritual yang terdapat pada konsep pendidikan Nabi Ibrahim AS adalah: a. aspek ruhani: syukur, tidak menyekutukan Allah, amar ma’ruf nahi munkar, sabar. b. aspek jiwa: Shalat, haji. c. aspek sosial: berbuat baik kepada orang tua, Shalat, amar ma’ruf nahi munkar, etika bergaul dengan sesama. 2. Implementasi kecerdasan spiritual pada konsep pendidikan Nabi Ibrahim AS  adalah: a. Melalui rukun Islam, syahadat, Shalat dan haji. b. Melalui rukun Iman, Iman kepada Allah dan Iman kepada ketentuan Allah. c. melalui Ihsan, tanggung jawab, sikap disiplin dan peduli.

Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual; Konsep Pendidikan Nabi Ibrahim AS.

Author Biography

Imam Mashudi Latif, Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Dosen Tetap Tafsir Hadits Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

References

Daftar Pustaka

Agustian, Ary Ginanjar, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ, Cetakan ke-42, (Jakarta: Arga Publishing, 2008).

Agustin, Risa, Kamus Ilmiah Populer, (Surabaya: Serba Jaya, tt).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1993).

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung: Syaamil Al-Qur'an, 2004).

Finoza, Lamuddin, Komposisi Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa (Jakarta: Diksi Insan Mulia, 2003).
Hendrarso, Emy Susanti, Penelitian Kualitatif: Sebuah Pengantar, dalam Bagong Suyanto dan Sutinah (ed.), Metodologi Penelitian Sosial; Berbagai Alternatif Pendekatan, (Jakarta : Kencana, 2008).

Hendrawan, Sanerya, Spiritual Management, Cetakan pertama, (Bandung: Mizan Pustaka, 2009).

Husain, Ahmad Ibnul, Fathu al-Qarib al-Mujib, (Surabaya: Al-Hidayah, tt).

Ihsan, Hamdani dan A. Fuad, Filsafat Pendidikan Islam, Cetakan ke-3, (Bandung: Pustaka Setia, 2007).

Mubarok, Achmad, Psikologi Qurani, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001).

Najati, M. Utsman, Belajar EQ Dan SQ Dari Sunah Nabi, Pengantar Ari Ginanjar Agustian, (Bandung, Hikmah, 2006).

Ritonga, Rahman, Aqidah (Merakit Hubungan manusia dengan Khaliqnya Melalui Pendidikan Anak Usia Dini), (Surabaya: Amelia, 2005).

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an, (Jakarta: Lentera Hati, 2002).

Sobur, Alex, Psikologi Umum, Cetakan ke-2, (Bandung: Pustaka Setia, 2009).

Suharsono, Melejitkan IQ, IE, dan IS, (Depok: Inisiasi Press, 2005).

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Cetakan ke-3, (Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 2001).

Syaikh, Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdurrahman bin Ishaq Alu, Tafsir Ibnu Katsir, jilid ke-3, (Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’I, 2008).

Yahya, Abu Zakaria, Riyadhu Al-Shalihin min Kalami Sayyidi Al-Mursalin, (semarang: Thaha Putra, tt).

“Filsafat Pendidikan Nabi Ibrahim”, Karima, Edisi II/2013 Agustus 2013

www.mail-archive.com

www.masbow.com

www.thetrueword.blog.dada.net/post
Published
2016-10-04