Konsep Pendidikan Islam Berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup

  • Zainul Abidin Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Abstract

ABSTRAKSI

Ilmu dan teknologi terus berkembang sejalan dengan perkembangan kehidupan manusia, pola kehidupan pun semakin bergeser pada pola yang universal. Suatu permasalahan yang sering muncul di masyarakat adalah berkisar pada permasalahan pendidikan dan pergulatan masyarakat. Mengingat objek pendidikan adalah manusia, maka manusia mempunyai tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa, dirinya, masyarakat dan lingkungannya. Dalam hal ini manusia adalah mahluk yang dikarunia kecerdasan, bakat, dan kemampuannya. Dalam Islam manusia dituntut untuk belajar dan mengajarkannya,kewajiban setiap individu orang Islam untuk menuntut ilmu dari sejak buaian hingga akhir hayat. Berdasarkan dari hal tersebut, maka  menjadi suatu hal yang logis apa bila pendidikan Islam yang sudah berjalan selama ini perlu diorientasikan kembali, yaitu pendidikan yang diorientasi kepada pendidikan kecakapan hidup (Life Skill), sehingga dengan orientasi tersebut mampu memberikan alternative layanan program pendidikan yang mampu memberikan kecakapan hidup bagi siswa. Karya tulis ini berusaha untuk mengidentifikan landasan yang digunakan sebagai pijakan dalam pendidikan berbasis kecakapan hidup (Life Skill), serta implementasi konsep pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pendidikan Kecakapan Hidup

Author Biography

Zainul Abidin, Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Dosen Tetap Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang

References

Daftar Pustaka

Abdullah, Aly Djamaluddin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Bandung: Pustakasetia, 1999).

Amir, Faesal Jusuf, Reorientasi Pendidikan Islam, (Jakarta: Gema InsaniPress,1995).

Al-jamali, Muhammad Fadlil, Filsafat Pendidikan dalam Al-Qur'an,(Surabaya: Bina Ilmu, 1986).

Soebahar, Abd. Halim, Wawasan Baru Pendidikan Islam, (Pasuruan: PT Garoeda Buana Indah, 1992).

Departemen Agama RI, Al - Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung : j-Art, 2004).

_______, Al - Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta: j-Art, 1971).

_______, Al Qur’an danTerjemahnya, (Jakarta: DIP, 1986).

Depdiknas, Tim Broad Based Education,Kecakapan Hidup life Skill Melalui Pendekatan Pendidikan Berbasis Luas, (Surabaya: SIC, 2002).

_______, Tim Broad Based Education, Pola Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup,(Surabaya: SIC, 2003).

Draff Kurikulum Berbasis Kompetensi on CD-ROM (Deluxe Edition 2003).

Drajat, Zakiyah, IlmuPendidikan Islam, (Jakarta: BumiAngkasa, 1996).

Furqan, Arief, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, (Surabaya: UsahaNasional, 1992).

Hitami, Munzir, Mengonsep Kembali Pendidikan Islam, (Riau: Infinite Press, 2004).

Iman, Muis Sad, PendidikanPartisipatif, (Yogyakarta: SafiriaInsania Press, 2004).

Langgulung, Hasan, Asas-asas Pendidikan Islam,(Jakarta: Pustaka al-Husna, 1993).

_______, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam,(Bandung: Al-Ma'arif 1980).

Lebih lanjut lihat di www.hadits- muslim- fisik- rasio- dan- kejiwaan.com.

Lebih lanjut lihat di http://www.lifeskills-stl.org/page2.html.
Lebih lanjut lihat di www.Life.skill.com.

M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996).

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998).

Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, (Bandung: Nuansa, 2003).

Soejono, Abdurrahman, Metode Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerapannya, (Jakarta: Reneka Cipta, 1999).

Surachmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, Teknik, (Bandung: Tarsita, 1990).

Suryabrata, Sumadi, Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi, (Yogyakarta: Andi Ofset, 1983).

Zuhairini, dkk, Metodik Khusus Pendidikan Agama, (Surabaya: Usana Offset Printing 1981).
Published
2016-10-04