Urgensi Pendidikan Bagi Difabel (Studi Analisis dalam Perspektif Islam)

  • Fathur Rofi'i Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Abstract

ABSTRAKSI

Pendidikan tidak mengenal ruang dan waktu, ia tidak dibatasi oleh tebalnya tembok sekolah dan juga sempitnya waktu belajar di kelas. Secara kultural, pendidikan pada umumnya berada dalam lingkup peran, fungsi dan tujuan yang tidak berbeda. Semuanya hidup dalam upaya yang bermaksud mengangkat dan menegakkan martabat manusia melalui transmisi yang dimilikinya. Pendidikan tidak hanya diprioritaskan bagi anak-anak yang memiliki tingkat kegeniusan tinggi maupun anak-anak yang berasal dari keluarga bangsawan, tetapi juga bagi mereka yang dianggap berbeda dan terbelakang dari anak-anak normal lainnya. Baik anak normal maupun difabel diperintahkan  untuk menimba ilmu sebanyak mungkin, mereka dituntut untuk belajar. Karya tulis ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang konsep pendidikan dalam Islam, bagaimana pendidikan difabel dalam Islam, dan sejauh mana urgensi dan peran pendidikam bagi kaum difabel dalam perspektif Islam. Dari karya tulis ini dapat disimpulkan, bahwa urgensitas pendidikan bagi difabel meliputi: pendidikan, hak-hak dan peran. Adapun aplikasinya dalam kehidupan bermasyarakat pada umumnya pendidikan bagi kaum difabel sangat penting, melihat kedudukan difabel sejajar dengan non-difabel. Oleh karenanya difabel memiliki hak untuk berpendidikan karena dalam kehidupan selalu berkembang sesuai perkembangan zaman dan sebagai salah satu bentuk perlawanan di era globalisasi seperti saat ini.

Kata Kunci: Difabel; Pendidikan; Islam

Author Biography

Fathur Rofi'i, Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Dosen Tetap Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang

References

Daftar Pustaka

An-nahlawy ,Abdurrahman, ushul At-Tarbiyah, Al-IslamiyahwaAsalibuha Fi Al- baitiwa Al-madrasatiwa Al-mujtama’i. (Beirut Libanon: Dar A-fikr Al-Mu’ashir, t.t.).

Arief, Armai, PengantarIlmudanMetodologiPendidikan Islam (Jakarta: CiputatPres, 2002).

Athiyyah , Muhammad Al-Abrasy, Prinsip-PrinsipDasarPendidikan Islam, (Bandung: PustakaSetia, 2003).

Anshori, Ibnu, PerlindunganAnakDalam Agama Islam, (Bandung: Citra Aditya Bhakti, 1999).

Al-Bugha, Dib, Musthafa, Al-WafiSyarahhadistArbain Imam Nawawi, (Surabaya: Hikmah, 2007).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian dalam Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT. RinekaCipta, 2005).

Bernadip, Imam, Sutari, Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, (Yogyakarta: FIP-IKIP 1986).

Bahreisj, Hussein, Al-Jami’usShahihBukhari-Muslim, (Surabaya: CV. KaryaUtama, 2012).

Daradjat, Zakiyah, dkk, IlmuPendidikan Islam, (Jakarta: PT BumiAksara, 1991).

Delphie, Bandi, Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting PendidikanInklusif, (Bandung: PT Refika Aditama, 2001).

Driyarkara, DriyarkaraTentangPendidikan, (Yogyakarta: YayasanKasinius, 1950).

Departemen Agama RI, Al-Qur’an danTerjemahannya, (Surabaya: CV Mekar , 2007).

Hadi, Metode Research I, (Yogyakarta: AndiOffest, 1987).

Hidayanto, DwiNugroho, MengenalManusiadanPendidikan, (Yogyakarta: Liberty, 1988).

Ilahi, Mohammad Takdir, PendidikanInklusif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).

Jalaludin, TeologiPendidikan, Raja GrafindoPersada, (Jakarta,2001).

Kosasih, E., Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus, (Bandung: YramaWidya, 2012).

Kasiram, Mohammad, MetodologiPenelitian, (Malang: UIN-MALIKI PRESS, 2008).

Muchtar, HeriJauhar, FikihPendidikan, (Bandung: PT RemajaRosdakarya, 2005).

Marimba, D. Ahmad, PengantarFilsafatPendidikan Islam, (Bandung, PT. Al-Ma’arif, 1995).

Muhammad, Husein, Islam Agama Ramah Difabel, (Yogyakarta: PT. LKiS, 2009).

Maleong, J. Lexy, MetodologiPenelitianKualitatif, (Bandung: PT RemajaRosadaKarya, 2006).

Meleong, MetodologiPenelitian, (Bandung: PT. RemajaRosadaKarya, 2006).

Noormindhawati, Lely, Islam MemulyakanSaudariku, (Jakarta: PT. Elex Media, 2013).

Nizar, FilsafatPendidikan Islam, (Jakarta: CiputatPers, 2002).

Purwanto, Ngalim, Muhammad, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: RemajaRosdaKarya, 1994)

Rif’ani, NurKholis, Cara BijakRasulullohDalamMendidikAnak, (Yogyakarta; Real Books, 2013).

Sugiyono, MetodePenelitianKualitatif, Kuantitatif, R&D, (Bandung: Alfabeta, 2011).

Salim, Haitami, SamsulKurniawan, StudiIlmuPendidikan Islam, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012).

Sunanto, Juang, ImplementasiPendidikanInklusif di Sekolah Dasar, Pusat Kajian dan Inovasi Pendidikan Sekolah Pasca Sarjana UPI, (Bandung, 2009).

Salim, Mohammad Haitami, Pendidikan Agama dalam Keluarga, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).

Sukmadinata, Nana Syaodih, MethodePenelitianPendidikan, (Bandung: PT. RemajaRosadaKarya, 2006).

Suwarno, PengantarUmumPendidikan, (Jakarta :AksaraBaru, 1985).

Surakhmad, Winarno, PengantarPenelitianIlmiah, (Bandung: Tarsito, 1970).

Tafsir, Ahmad, IlmuPendidikanDalamPerspektif Islam, (Bandung: RemajaRosdaKarya, 2001).

Tanlain, Wens, dkk.,Dasar-dasarIlmuPendidikan, (Jakarta: Gramedia, 1989).

Uhbiyaty, Nur, IlmuPendidikan Islam, (Bandung: PustakaSetia, 1999).

UU SISDIKNAS, Visi Media, (Pasal 1, No.20.Tahun 2003).
UUD 1945, (pasal 28 nomor2 ).

http://www.Pertuni.idp-europe.org.Penyandang Ketunaan-IstilahPengganti-Penyandang Cacat.html aksestanggal 24/08/2016.

http://amexdifabel.wordpress.com

http:// hadistpendidikan.com

http:// kiflipaputungan.wordpress.com

http:// pendidikan.radensomad.com

http://www.islamdamai.com. akses 27/08/2016.
Published
2016-10-04