Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 11-13)

  • Mishbahus Shudur Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Abstract

ABSTRAKSI

Sebagai tolak ukur perbuatan baik dan buruk mestilah merujuk kepada ketentuan Allah SWT dan Rasul-Nya, karena Rasulallah SAW adalah manusia yang paling mulia akhlaknya. Penulis melihat, bahwa surat Al-Hujurat ayat 11-13 memiliki kandungan (makna) tentang pendidikan akhlak yang sangat dalam. Di antaranya adalah ajaran tentang menjunjung kehormatan kaum Muslimin, taubat, husnudzan (positif thinking) kepada orang lain, ta’aruf dan persamaan kedudukan (egaliter) manusia di hadapan Allah SWT. Oleh karena itu, ayat tersebut sangat penting digali lebih dalam untuk dijadikan rujukan dan pedoman bagi umat Muslim dalam rangka pembelajaran, pembentukan serta pembinaan akhlak yang mulia. Hasil karya tulis menunjukkan bahwa Nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada surat al-Hujuratayat 11-13 meliputi: Nilai pendidikan menjunjung kehormatan kaum Muslimin, taubat, positif thinking, ta’aruf dan pendidikan egaliter (persamaan derajat). Adapun aplikasinya dalam kehidupan bermasyarakat pada umumnya, saling menghormati dapat dilakukan dengan keteladanan, nasihat, metode kisah, peringatan dan ancaman (tarhib). Pendidikan taubat dapat dilakukan dengan pembiasaan dan pemberian nasihat (ceramah). Pendidikan positif thinking dapat dilakukan dengan metode keteladanan, metode nasihat dan metode pembiasaan. Pendidikan ta’aruf dapat dilakukan dengan nasihat, kisah dan pembiasaan. Pendidikan egaliter dapat dilakukan dengan ceramah, nasihat, keteladanan dan metode kisah.

Kata Kunci     :           Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak; Al-Qur’an Surat al-Hujurat ayat 11-13.

Author Biography

Mishbahus Shudur, Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Dosen Tetap Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang, NPP. 204 301 188, NIDN. 0701017108

References

Daftar Pustaka

Abrasyi al, Athiyyah, Muhammad, Dasar-Dasar Pendidikan Islam, terj, Bustami Abdul Ghani, (Jakarta: Bulan Bintang, 1994 Cet. III)

Amin, Ahmad, Etika Ilmu Akhlak, (Jakarta: Bulan Bintang,1975)

Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2005),

Asqalani Al, Ibnu Hajar,Terjemah Nashaihul Ibad, (Jakarta: Pustaka Amani, 2002)

Bahreisy, Salim, Tafsir Ibnu Katsier, (Surabaya: Bina Ilmu, 1992 )

Baidan, Nashruddin, Metode Penafsiran Alquran, (Yogyakarta: Persada, 2002)

Darajat, Zakiah, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta: Ruhama, Cet. II, 1995)

Depag RI., Al Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung: CV.J-ART,2007)

Depag RI., AlQur’an dan Terjemahannya, (Yayasan Penyelenggara dan penterjemah Al-Qur’an, Jakarta, 1983)

Ghazali Al, Muhammad, Berdialog dengan Al-Qur’an, (Bandung: Mizan, 1999)

Hakim, Imam, Mustadrak alash Shahihain, (Beirut: Dar al-Kutb ak-Arabi, tt)

Hasbullah , Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta : Rajawali Pers, 2009)

http//pendidikan menurut al-qu’an.com akses 20/07/2016

http://komukblangsak.wordpress.com/2016/12/07/ pentingnya-akhlak-dalam-kehidupan-manusia akses 26/07/16

http://konsep-islam.blogspot.com/2016/10/pembagian-akhlak-dalam-islam.html akses 23/07/16

http://www.stylepote.com/2016/07/pengertian-dan-definisi-pendidikan.html. akses 22/07/16

Junaidi, Arif Ahmad, Pembarharuan Meodologi Tafsir al-Qur'an Studi atas Pemikiran Tafsir Kontekstual Fazlur Rahaman, (Semarang: Gunung Jati, tt)

Kallaf Al-, Abdullah Zakiy, Membentuk Akhlak Mempersiapkan Generasi Islami (Bandung: pustaka setia, 2001)

Kasiram, Mohammad, Metodologi Penelitian, (Malang :UIN-MALIKI PRESS,2008)

Khallaf, Abd Wahab, Ilmu Ushul Fiqh (Bandung: Gema Risalah Press,Cet. IX,1972)

Khattan Al-, Manna Khalil Pengantar Studi Ilmu Al-Qur.an, terj. Aunur Rafiq, (Jakartar:Pustaka Al-Kautsar, 2009 Cet. IV)

Maraghi, Ahmad, Tafsir al-Maraghi, terj, (Semarang: Toha Putra, Cet. III, 1993)

Meleong, J Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosada Karya,2006)

Munawwar al, Husin, Said Agil, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, ( Jakarta: Ciputat Press, 2005)

Mustofa, Ahmad, Akhlak Tasawuf, (Jakarta: Pustaka Setia, 1999)

Noer Aly, Hery, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)

Noor Salimi, Abu Ahmadi, Dasar-Dasar Pendidikan Islam, (Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2004)

Nor Wan Daud,Wan Muhammad, Filsafat Islam dan Praktek Pendidikan Islam Seyd M. Naquib a-Attas, (Bandung: Mizan, 2003)

Qardawi, Yusuf, Halal Haram Dalam Islam, (Jakarta: Akbar, Cet. I, 2004)

Qutb, Sayyid, Fi Zhilalil Qur’an, terj. As.ad Yasin dkk, (Jakarta: Gema Insani Press, Cet. I, jilid X, 2004)

Razi, Fakhrur, Tafsir Fakhrur Razi, (Beirut: Darul Fikr, jilid XIV, 1985)

Rifa’i, Muhammad Nasib, Kemudahan dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta: Gema Insani, Jilid IV, 2000)

Salim, Abdul Muin, Beberapa Aspek Metodologi Tafsir Alquran (Ujung pandang: LSKI,2005 )

Shihab, M Quraish, Tafsir al-Misbah, (Jakarta: Lentera Hati, Cet. I, volume 13,2003)

Soedadi, Akhlaqul Karimah, (Semarang: CV.Ramadhani, 1983)

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D, (Bandung: Alfabeta, 2011)

Sukmadinata, Nana Syaodih, Methode Penelitian pendidikan, (Bandung : PT. Remaja Rosada Karya, 2006)

Sulaiman, Hasan, Fathiyah, Sistem Pendidikan Versi al-Ghazali, (Bandung: al-Ma’arif,1986)

Surakhmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, (Bandung : Tarsito, 1970)

Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: CV Pustaka Setia, 1998)

Umar Al, Sulaiman, Nashir Bin, Tafsir Surat Al-Hujurat, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2001)

Zainuddin, Amin, Alamah M, Membangun Surga Dihati Dengan Kemuliaan Akhlak, (Jakarta: Pustaka Zahra, 2003)

Zuhaili, Wahbah, Tafsir Munir, (Beirut: Dar al-Fikr, tt., Jilid. XIII)
Published
2016-10-04