Pengaruh Strategi Quantum Quotient Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa di SMP Muhammadiyah 15 Brondong Lamongan
Abstract
ABSTRAKSI
Yang menjadi permasalahan dalam penelitianmini adalah bagaimana penerapan strategi Quantum Quotient pada mata pelajaran PAI, bagaimana prestasi bejalar siswa pada mata pelajaran PAI, adakah pengaruh strategi Quantum Quotient dalam meningkatkan prestasi belajar PAI di SMP Muhammadiyah 15 Brondong Lamongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dokumentasi dan angket, sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis data statistika. Dari hasil penelitian penerapan strategi Quantum Quotient menunjukkan predikat baik dengan angka 76,57. Adapun prestasi belajar siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 15 Brondong Lamongan dengan angka 7,31, yang berarti menunjukkan hasil belajar tersebut termasuk dalam kategori baik. Sedangkan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh psikologis strategi Quantum Quotient dalam meningkatkan prestasi bejalar Pendidikan Agama Islam pada siswa, berdasarkan hasil analisis data statistik “product moment†sebesar 0,70, maka antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang tinggi, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci : Strategi Quantum Quotient, Prestasi Belajar
References
Ahmadi, Abu, Ilmu Pendidikan, (Jakarta; Rineka Cipta,1991)
Ahmadi, Abu, dan Widodo, Psikologi Belajar, (Jakarta; Rineka Cipta, 1991)
Arifin, M., Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta; Bumi Aksara, 1993)
Arifin, Zainal, Evaluasi Intruksional Prinsip Tehnik Prosedur, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 1990)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta; Rineka Cipta, 2002)
Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta; Bumi Aksara, 1992)
Departemen Agama RI., Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Semarang; CV. Toha Putra, 1998)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Petunjuk Teknik Mata Kuliah PAI, (Jakarta; 1995)
Djamarah, Saiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, (Surabaya; Usaha Nasional 1994)
Gotman, John, Kecerdasan Emosional, (Jakarta; Gramedia, 1998)
Hasan, Fuad, Dasar-dasar Pendidikan, (Jakarta; Rineka Cipta, 1991)
Higbee, Kenneth L., Your Memory, (Semarang; Dahara Prize, 2003)
Marie, Jean, Mengoptimalkan Dasar Pikir, (Jakarta; Pustaka Delapratasa, 1997)
Markowid, Karen, Otak Sejuta Bigabyte, (Bandung; Kaifa, 2002)
Merdalis, Metode Penelitian Suatu Pendekekatan Proposal, (Jakarta; Bumi Aksara, 1989)
Muchlis, M., Metode Kuantitatif, (Jakarta; Fak. Ekonomi, 1993)
Muhibbin, dkk, Strategi Belajar Mengajar, (Surabaya; Citra Media Anak Bangsa, 1996)
Munandar, Utami, Pengembangan Anak Kreatif Anak Berbakat, (Jakarta; Gramedia Pustaka Utama, 2002)
Nafaat Maja, Hiayat , Intelegenci Spiritual, (Prenia Press, 2001)
Nggermanto, Agus, Quanum Quotient (QQ) Kecerdasan Quantum (Bandung; Nuansa, 2005)
Poerwadarminto, Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta; Balai Pustaka, 1976)
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 1990)
Rose, Collin , Kuasai Lebih Cepat, (Bandung; Kaifa, 2002)
_______, Accelered Learning, (Bandung; Nuansa,2003)
Shihab, Quraish, Tafsir Al-Qur’an Al-Karim, (Jakarta; Pustaka Hidayah, 1997)
Sudjana, Nana, Pengantar Statistik, (Jakarta; Bumi Aksara, 1993)
________, Penelitian Hasil Belajar Mengajar, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 1990)
Suprapto, Metode Riset dan Aplikasi Dalam Pemasaran, (Jakarta; Rineka Cipta, 1999)
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, (Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2004)
Tirtonegoro, Sutratina, Anak Super Normal dan Program Pendidikan,(Jakarta; Bumi Aksara, 1984)
Usman, Moh. Uzer, Upaya Optimalisasi Belajar Mengajar, (Bandung; PT.Remaja Rosdakarya, 1995)
Winkel, Psikologi Pengajaran, (Jakarta; Gramedia, 1987)
- All material contained in this site is protected by law. It is prohibited to quote part or all of the contents of this website for commercial use without the approval of the board of editors of this journal.
- If you find one or more articles contained in Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies that violate or potentially infringe your copyright, please report it to us, via email to Priciple Contact.
- The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license.
- All Information contained in Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies is academic. Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies shall not be liable for any losses incurred by misuse of information from this site.