Efektifitas Sistem Pendidikan Islam (Perbandingan Kelas ‎Reguler dan Kelas Akselerasi)‎

  • Khoiriyah IAIN Surakarta

Abstract

Abstraksi

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  dan  menganalisis  efektifitas sistem pendidikan Islam dengan membandingkan antara kelas reguler dan kelas akselerasi di MTs Assalaam yang berada dalam pondok pesantren Assalaam.  Unsur sistem  pendidikan  Islam  yang  digunakan  untuk  menganalisis  meliputi  tujuan, pendidik, anak didik, lingkungan, dan sarana/alat baik yang menyangkut sarana fisik pendidikan maupun sarana non-fisik pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Sistem pendidikan Islam kelas akselerasi menunjukkan lebih efektif dibandingkan dengan kelas reguler dengan beberapa alasan antara lain: Standard  nilai  kelas akselerasi  lebih  tinggi  dibandingkan  dengan  reguler,  adanya kegiatan studi lapangan atau rihlah ilmiah termasuk AMT (Achievement Motivation Training), maximum recall, life skill dan lain-lain di kelas akselerasi, latar belakang siswa akselerasi yang mempunyai kecerdasan luar biasa, memudahkan dalam menerima dan menyerap materi yang diberikan, metode yang digunakan lebih baik di kelas  akselerasi,  media  pendidikan,  fasilitas  untuk  kelas  akselerasi  yang  lebih lengkap, baik dan nyaman, efisiensi waktu untuk kelas akselerasi yaitu 2 tahun yang seharusnya 3 tahun di kelas reguler, dan dana keuangan kelas akselerasi mendukung efektifitas kelas tersebut dalam mencapai tujuan pendidikan.

Kata Kunci: Efektifitas, Sistem Pendidikan Islam, Kelas Reguler dan Kelas Akselerasi.

Author Biography

Khoiriyah, IAIN Surakarta

Dosen IAIN Surakarta

Published
2017-06-28
How to Cite
Khoiriyah. (2017). Efektifitas Sistem Pendidikan Islam (Perbandingan Kelas ‎Reguler dan Kelas Akselerasi)‎. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 2(1), 443-467. https://doi.org/10.32492/sumbula.v2i1.2981