Korelasi Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan ‎Emosional Siswa di MI Nizhamiyah Tanggungkramat ‎Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang

  • Eny Fatimatuszuhro Pahlawati Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang

Abstract

Abstraksi

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, bagaimana hubungan antara pendidikan agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa usia 11 dan 12 tahun di MI Nizhamiyah Tanggungkramat Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang.

Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah siswa usia 11 dan 12 tahun berjumlah 46 anak, sehingga penelitian ini termasuk jenis penelitian populasi. Dari data yang telah terkumpul, lalu diolah dan dianalisis dengan rumus “r†product momen.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa Pendidikan agama Islam di MI Nizhamiyah Tanggungkramat Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang dikategorikan cukup dengan besaran angka 70,35. Tingkat kecerdasan emosional siswa usia 11 dan 12 tahun MI Nizhamiyah Tanggungkramat Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang dikategorikan cukup dengan besaran angka 65,11. Adapun besaran angka korelasi kedua variabel berkorelasi dalam besaran angka 0,519 berada di atas  taraf signifikansi 5% = 0,291 dan 1% = 0,276. Bila didasarkan pada tabel interprestasi nilai “r†dapat dinyatakan ada hubungan yang cukup.

Kata Kunci      :           Pendidikan Agama Islam; Kecerdasan Emosional; Siswa Usia 11 Dan 12 Tahun

Author Biography

Eny Fatimatuszuhro Pahlawati, Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang

Asisten Ahli / Penata Muda Tk.I (III.b) Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang

Published
2017-06-30