Kepemimpinan:‎ Pengembangan Organisasi, Team Building dan Individual ‎Building ‎(Studi Kasus di MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang)‎

  • Dian Triana Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Keywords: Kepemimpinan; Pengembangan Organisasi; Team Building; dan Individual Building

Abstract

Abstraksi

Keberhasilan organisasi dalam melaksanakan visi, misi dan obyektifitasnya akan sangat tergantung dari Pemimpin (Leader) dalam mengelola sumber daya yang dimiliki organisasi tersebut, termasuk memimpin tugas yang harus diselesaikan di dalam program yang telah ditetapkan.

Penelitian ini mendeskripsikan upaya Kepala Madrasah dalam mengembangkan organisasi melalui team building dan individual building, studi kasus di MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang. Pendekatan penelitiannya deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara di lapangan. Sedang teknik analisis datanya menggunakan analisis diskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pendidikan di madrasah, yaitu untuk bekerja sama dalam mewujudkan tujuan madrasah. Dalam hal ini kepala MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang menggunakan pendekatan Organizational Development (OD), Team Building, dan Individual Building.

Kata Kunci       :           Kepemimpinan; Pengembangan Organisasi; Team Building; dan Individual Building

Author Biography

Dian Triana, Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Dosen Tetap Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Published
2017-07-08