Kinerja Guru PAI Pasca Sertifikasi di Madrasah Tsanawiyah ‎Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang
Abstract
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang setelah memperoleh tunjangan profesional melalui program sertifikasi guru.
Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Populasinya adalah guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang yang telah mengikuti program sertifikasi dan menerima tunjangan profesi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan telaah dokumentai, sedang analisis datanya dilakukan secara kualitatif grounded.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru pasca sertifikasi di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang, baik secara keseluruhan, maupun dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengembangan profesi semuanya menunjukkan kinerja yang sudah sesuai standart. Rekomendasi yang diajukan adalah hendaknya pelaksanaan program sertifikasi lebih ditujukan pada peningkatan kesadaran guru akan pentingnya peningkatan kinerja mereka dalam peningkatan kualitas pendidikan di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang.
Kata Kunci: Kinerja Guru PAI; Sertifikasi
References
Ali Mudlofir, Peningkatan Guru Agama Islam, (Jakarta: Ditjend Pendis Kemenag RI, 2011 cet.Ke-1)‎
Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), (Jakarta: Bumi Aksara, Cet Ke-3, 1995)‎
Asrorun Ni’am Sholeh, Membangun Profesi Analisis Guru Analisis KronologisAtas Lahirnya UU Guru ‎Dan Dosen, (Jakarta: Elsas, 2006) ‎
Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2008)‎
Buchari Alma, Guru profesional, (Bandung: CV. Alfabeta, 2009)‎
Daradzat, Zakiyah. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah, (Bandung: Rosda karya, 1993)‎
John M Echols dan Hasan Sadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta,PT. Gramedia, ,Cet.ke -23, 1996)‎
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).‎
Martinis Yamin, Profesionalisasi guru Dan Implementasi KTSP, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2009)‎
Martinis Yamin, Sertifikasi Profesi Keguruan Di Indonesia. (Jakarta: Gaung Persada Press, 2009)‎
Masnur Muslikh, Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007)‎
Mulyasa, Standart Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005)‎
Nanang Hanafiah & Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, (Bandung: PT. Refika Aditama, ‎‎2009)‎
Oemar Hamalik, MetodeBelajar Dan Kesulitan-KesulitanBelajar (Bandung: Tarsito, 1990)‎
Ondi Soandi dan Aris Suherman, Etika Profesi Keguruan, (Bandung: PT. Retika Aditama, 2010)‎
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme Guru, (Jakarta: PT. Raja Grafindo ‎Persada, 2010)‎
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, (Bandung: PT. Alfabeta, 2009)‎
Tabrani Rusyan, A. dan M.Sutisna WD, Kesejahteraan Dan Motifasi Dalam Meningkatkan Efektifitas ‎Kinerja Guru. (Jakarta: Intimedia Cipta Nusantara, t.t.)‎
Uzer Usman, Moh., Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2010)‎
UU RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
UUD 1945‎
Yunus Namsa, M., Kiprah Baru Profesi Guru Indonesia Wawasan Metodologi Pengajaran Agama Islam,‎
Copyright (c) 2017 Eko Hadi Wardoyo (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- All material contained in this site is protected by law. It is prohibited to quote part or all of the contents of this website for commercial use without the approval of the board of editors of this journal.
- If you find one or more articles contained in Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies that violate or potentially infringe your copyright, please report it to us, via email to Priciple Contact.
- The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license.
- All Information contained in Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies is academic. Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies shall not be liable for any losses incurred by misuse of information from this site.