Hubungan Profesionalisme Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pucangsimo Bandarkedungmulyo Jombang
Abstract
Abstraksi
Guru yang memiliki kemampuan profesional sangat di butuhkan. Untuk meningkatkan hasil belajar. Dengan seorang guru yang profesional siswa akan mendapatkan pelajaran dan ilmu, sehingga siswa bisa termotivasi dan tertarik dengan proses belajar mengajar di sekolah. Sebaliknya apabila guru tidak memiliki kemampuan profesional, maka akan berdampak negatif dengan hasil belajarnya. Ada satu permasalahan dalam penelitian ini yaitu:
Apakah ada hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di Jombang. Untuk tehnik pengambilan data, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain: angket. Setelah semua data terkumpul maka peneliti mulai menganalisa data, penganalisaan data untuk angket hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data statistik digunakan rumus: Prosentase P = Berdasarkan hasil regresi diperoleh r hitung yang menunjukkan angka 0,612 lebih besar dari r tabel dengan angka sebesar 0,254. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di Jombang
Kata kuncinya: profesionalisme guru, prestasi belajar siswa
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta : ‎Rineka Cipta, 2006)‎
Buchari. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. (Bandung: ‎Alfabeta, 2012)‎
Chosiyah. Pengertian prestasi. http://digilib.unimus.ac.id - 2008‎
Djamarah, Syaiful Bahri. Pengertian prestasi. http://digilib.unimus.ac.id - ‎‎2008‎
Hamalik. Pengertian prestasi. http://digilib.unimus.ac.id - 2009‎
Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik ‎Berdasarkan Kurikulum. (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013)‎
Main, Abdul. profesional seorang guru.http://download.portalgaruda.org. ‎‎2010‎
Muhsinin. Profesionalisme Guru Berbasis Kinerja C. (Mojokerto: Pimpinan ‎Cabang NU, 2009) ‎
Nazir, Moh. Metode Penelitian (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2009)‎
Premana. Prestasi belajar. http://download.portalgaruda.org/article.php. ‎‎2011‎
Sudjana. Metoda Statistika. (Bandung: Tarsito, 2003)‎
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung : ‎Alfabeta, 2012)‎
Tilaar. Pengembangan profesi tenaga guru. http://eprints.uny.ac.id.2006‎
Copyright (c) 2017 Adibah Adibah (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- All material contained in this site is protected by law. It is prohibited to quote part or all of the contents of this website for commercial use without the approval of the board of editors of this journal.
- If you find one or more articles contained in Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies that violate or potentially infringe your copyright, please report it to us, via email to Priciple Contact.
- The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license.
- All Information contained in Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies is academic. Sumbula: Journal of Religious, Social and Cultural Studies shall not be liable for any losses incurred by misuse of information from this site.