Pengaruh Strategi Guru dalam Memberi Perhatian Terhadap Motivasi Siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kepuhkembeng Peterongan Jombang

  • Solichatun Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Keywords: Strategic teacher, attention to student motivation

Abstract

Abstraction

This study aims to determine the relationship between the teacher's strategy of paying attention to the achievement motivation of class VIII MA Mifatahul Ulum Kepuhkembeng Peterongan Jombang students.

The test for the normality of the X variable, namely the teacher's strategy of Chi squared with a significant level of 5%, resulted in Chi squared Count = 17.32, db = 16. Chi squared Table = 26.3 with TS 5%, db = 16. is categorized as normally distributed. In the Y variable, students' achievement motivation Chi squared Count = 24.16 Chi squared Table = 27.6 so that it includes a normal distribution.

Hypothesis test F count = 4.098 consulted with F table TS 5%, db 1: 48 is 4.04 so F Count > F Table or 4.098 > 4.04 concluded that there is an influence between Teacher Strategy and Achievement Motivation. So the relationship between variables X and Y by testing r squared / r correlation, it is found that r correlation = 0.079 there is a positive relationship. The amount of the teacher's strategy on student achievement motivation is 100% - 7.9% = 921% while the rest are other external factors.

Author Biography

Solichatun, Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Ali Riadi,. Filsafat Pendidikan Islam,Penerbit Teras,Yogyakarta,2010
Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Yogyakarta: Rineka Cipta).
Alex. S Nitisemito, 1998, Manajemen Personalia, Edisi Ill, Penerbit Ghalia Indonesia
Amin Widjaja Tunggal, 1999, Akuntansi Sumber Daya Manusia, Penerbit, Rineka Cipta
Amir Dien India Kusuma, 1998 Pengantar Ilmu Pendidikan Surabaya Usah Nasional
Abdullah Syukri Zarkasyi, 2005. Gontor dan Pembaharuan Pendidikan pesantren. Jakarta: PT. Raja Grofindo Persada.
Abdullah, M.Ed. 1999. pengembangan teori kurikulum dan praktek. Jakarta: Gaya Media.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 1998. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
_______.2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azhar, Lalu Muhammad. 1998. Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional
Abu Ahmadi-Umar, Psikologi Umum, PT. Bina Ilmu Surabaya, tahun 2004
Ahmad Fauzi, Psikologi Umum, Pustaka Setia, Bandung, tahun 1999
Arifin, H.M (2000), Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum) cetakan ke IV, Bumi Aksara Jakarta.
Ali, H. Muhammad (1999), Pengembangan Kurikulum Di Sekolah, Cetakan kedua, Penerbit: Sinar Baru Bandung.
Agoes Dariyo, Psikologi Perkembangan Remaja, Ghalia Indonesia, tahun 2004
Derajat, Zakiah. 1998. Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara).
De Porter (2002) Quantum Teaching Jakarta : PT Kaifa
Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Rineka Cipta, tahun 2004
Drost Sj, Dari KBK sampai MBS, Kompas, Jakarta, tahun 2005
DEPDIKNAS, KBK dalam menunjang kecakapan Hidup Siswa, tahun 2004
DEPAG RI, Tafsir Al-Bayan, As-Yifa’, Semarang. 1998
Danim, Sudarwan (1998), Media Komunikasi Pendidikan, cetakan pertama: Penerbit Bumi Aksara Jakarta.
______ (2002), Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Professionalisme Tenaga Pendidikan. Cetakan Pertama. Penerbit Pustaka Setia Bandung.
Davies, K. Ivor. 1998. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Bumi Aksara
Dhofier, Zamaksyari. 1998. Tradisi Pesantren: Studi tentang pandangan hidup kyai. Jakarta: LP3ES
Djamarah, Syaiful Bahri. 1998. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
_______.dan Aswan Zain. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
E. Mulyasa, KBK Konsep Karakteristik dan Implementasi, Rosda, Bandung, tahun 2002
Fahdi, Malik bin Abdul Aziz as Su’udi. 1997. Al-Qur’an dan Terjemahan (Madinah al-Munawaroh: Yayasan Penyelenggaraan Penerjemahan Al-Qur’anul Karim).
Fakultas Tarbiyah. 2004. PedoMI. Penulisan Skripsi (Surabaya: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel).
Hamalik, Oemar. 1998. Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. (Bandung: Trisno).
Hadi Sutrisno, Meodologi Reseach I, Andi Offset, 2000
Hasbi Ashshidieqy, Muhammad. 1999. Pengantar Ilmu Fiqih (Semarang: Pustaka Rizqi Putra).
Hadi, Amirul dan Hariyono. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Hasbullah, 1999. Sejarah pendidikan islam di Indonesia: Lintasan Sejarah dari Pembaharu sampai Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cetakan: III
Hadi, Sutrusno (2000). Melodelogi Research, I, II, III. Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fak Psikologi UGM
Huda, Hisbulloh (2000) Strategy Rosen dalam menarik Perhatian Mahasiswa UNESA Surabaya
Ischak S. Warji R Program remedial dalam proses belajar Mengajar Yoyakarta: PT Liberty
Jalaluddin, Psikologi Agama, Raja Grafindo Persada, Jakarta, tahun 2005.
Jamaluddin (2001), Pembelajaran Yang Efektif: faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswa. Departemen Agama RI. Jakarta.
Jalaluddin, filsafat Pendidikan Islam. Gaya Media Pratama, Jakarta, tahun 2005.
Kartini Kartono, Kamus Psikologi, Pionir Jaya, Bandung, tahun 2003
Kock Heins (1998) Sayu guru yang baik. Jakarta Yayasan Konisiur
Muhammad Utsman Najati, Psikologi Dalam Al-Qur’an, Pustaka Setia, Bandung, tahun 2005.
Muhammad Utsman Najati, Psikologi dalam Tinjauan Hadits Nabi, Mustaqim, tahun 2003
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Logos, Jakarta, tahun 2003.
Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyana. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Bandung: Remaja Rosdakarya).
Mukhtar. 2003. Desain Pembelajaran PAI (Jakarta: Misaka Galiza)
Nasution. 1997. Didaktif Asas-asas Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara)
Nawawi, Imam. 1999. Terjemahan Riyadhus Shalihin Jilid I (Jakarta: Pustaka Amani).
Nurdin, Syafrudin dan Basyiruddin Usman. 2003. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum (Jakarta: Ciputat Press)
Poerwadarminta, WJS. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka)
Rusyaan, A.Tabrani, Afaan Kusdina dan Zainal Arifin (1999) Pendekatan dalam proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rusyaan, A, Tabrani Drs CECE Wijaya (1999) Kemampuan dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Rosdakarya
Rahmat, Jalaluddin, Et.Al (Prof. Nurcholish Majid). Jejak Pemikiran dari pembaharu sampai Guru Besar Bangsa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cetakan II
Salahuddin, Mahfudi. 1998. Pengantar Psikologi Pendidikan (Surabaya: Bina Ilmu)
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
SilberMI.L, Melvin. 2004. Active Learning (Bandung: Nuansa, Nusamedia).
Slameto. 1999. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta).
Slameto, Anas. 1999. Pengantar Statistik Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada).
Published
2018-06-11
How to Cite
Solichatun. (2018). Pengaruh Strategi Guru dalam Memberi Perhatian Terhadap Motivasi Siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kepuhkembeng Peterongan Jombang. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 3(1), 833-846. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3469