Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hal ini didasarkan dengan realita sosial yang konkret, bahwa motivasi kerja guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang tidak dapat terlepas dari peran kepala sekolah.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sejauh mana hasil yang di capai dalam memotivasi kerja guru, hambatan-hambatan dan usaha apa yang dilakukan untuk meningkatkan motivasinya. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif, analisis data yang menghasilkan deskripsi-deskripsi yang rinci mengenai situasi, peristiwa, interaksi dan perilaku orang, dalam hal ini adalah motivasi kerja guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran kepala sekolah dalam peningkatan motivasi kerja guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang meliputi perannya sebagai mitra kerja, partisipator, Supporter, memberikan mandat, membuat tempat kerja yang menyenangkandan sebagai uswah (teladan) bagi para guru yang kemudian dapat menumbuhkan motivasi kerja pada guru-guru di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang.
Kata Kunci: Kepala Sekolah , Motivasi Kerja Guru
Referensi
Cahyono, Bambang Tri, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: IPWI, 1996)
Earls, Rubert, Leadership Intelegensi: Memahami dan Menerapkan Kecerdasan Kepemimpinan Untuk Kesuksesan Anda, (Jogjakarta: 2006)
Hasibuan, Malayu S.P., Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi revisi, (PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2005, cet, ketujuh)
Hasibuan, Melayu S.P., Manajemen dasar, Pengertian dan Masalah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)
Kayo, RB. Khatib Pahlawan, Kepemimpinan.Islam dan Dakwah, (Jakarta : Amzah, 2005)
Koesoema A., Doni, Pendidik Karakter di Zaman Keblinger, ( Jakarta; Grasindo, 2009)
Mohyi, Achmad, Teori dan Prilaku Organisasi. (Surabaya: UMM Press. 1999)
Moleong, Lexi J., Metodologi Penelitaia Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, (Jakarta; PT Raja Grafindo Persada, 2007)
Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung, Rosda Karya, 2005)
Nasution, S., Metode Research; Penelitian Ilmiah (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)
Pidarta, Made, Pemikiran Tentang Supervisi Prndidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 1992)
Purwanto, Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2002 )
Said, Mas’ud, Kepemimpinan . Pengembangan Organisasi Team Building & Prilaku Inovatif ( Malang : UIN Press, 2007 )
Saroni, Muhamad, Manajemen Sekolah, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006)
Siagian, Sondang P., Filsafat Administrasi ( Jakarta: Gunung Agung , 1982)
Supragoyo, Imam, Memelihara Sangkar Ilmu, Refleksi Pemikiran dan Pengembangan UIN Malang, ( UIN Malang Press, 2006 )
Thoha, Miftah, Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendekatan Perilaku (Jakarta PT. Grafindo Persada, 2003 )
Triana, Dian, “Kepemimpinan: Pengembangan Team Building dan Individual Building (Studi Kasus di MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang†dalam Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, sosial dan budaya, Vol 2, Nomor 1, Januari-Juni 2017
Uno, Hamzah B., Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)
Wahdosimidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasaalahannya (Jakarta : PT. Grapindo Persada, 2007)
______, Kepemimpinan dan Motivasi, (Jakarta; Ghalia Indonesia, 1995)
Walgito, Bimo, Psikologi social, Suatu Pengantar. (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2001)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.