Konsep Ideal Pendidikan Islam Menurut Pandangan Ibnu Khaldun dan Hubungannya dalam Konteks Pendidikan Modern

  • Lisnawati Lisnawati STAI Darul Kamal NW

Abstract

Ibnu Khaldun adalah salah satu tokoh pendidikan Islam, ide-idenya tentang pendidikan tertuangkan dalam bukunya yang berjudul “Muqaddimah”. Pemikiran Ibnu Khaldun tentang konsep pendidikan Islam masih relevan hingga saat ini. Konsep tersebut meliputi: pengembangan sumber daya manusia, perumusan tujuan pendidikan yang idealis dan realistis, penyusunan kurikulum sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik, metode pengajaran yang dimulai dengan proses belajar mengajar tentang masalah yang sederhana sampai kepada masalah yang lebih komplek serta mengedepankan pendidikan karakter atau akhlakul karimah. Seperti pendidikan saat ini Ibnu Khaldun memperingatkan bahwa dalam proses belajar hubungan interaktif antara pendidik dan siswa mutlak dibutuhkan demi tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan.

References

Muhammad Jawwad Ridla, Tiga ALiran Utama Teori Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002.
Djamaluddin dan Abdullah Aly, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2000.
Imam dan Barizi Ahmad Tolkhah, Membuka Jendela Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, 2004.
Yusri Abdul Ghani Abdullah, Historiografi Islam Dari Klasik Hingga Modern, Jakarta: Raja Grafindo, 2004.
Toto Suharto, Epistimologi Sejarah Kritis Ibnu Khaldun, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003.
Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999.
Martiningsih Wahyu, Biografi Para Ilmuwan Muslim, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2009.
Toto Suharto, Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Hasan Basri, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Sulaiman, Fathiyah Hasan, Ibnu Khaldun tentang Ilmu dan Pendidikan, Bandung: CV.Diponegoro, Cet.II, 2002.
Nurafifah, Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan, Skripsi (Surakarta: Universitas Muhammadiyah, 2012.)
Ibnu Khaldun, Muqaddimah (Terjemah), Jakarta: Ahmadie Thoha Pustaka Firdaus, 2011.
Published
2017-03-14
How to Cite
Lisnawati, L. (2017). Konsep Ideal Pendidikan Islam Menurut Pandangan Ibnu Khaldun dan Hubungannya dalam Konteks Pendidikan Modern. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 54-73. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/2810

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.