Konsep Ideal Pendidikan Islam Menurut Pandangan Ibnu Khaldun dan Hubungannya dalam Konteks Pendidikan Modern

  • Lisnawati Lisnawati STAI Darul Kamal NW
Kata Kunci: Konsep Ideal, Pendidikan Islam, Ibnu Khaldun, Pendidikan Modern

Abstrak

Ibnu Khaldun adalah salah satu tokoh pendidikan Islam, ide-idenya tentang pendidikan tertuangkan dalam bukunya yang berjudul “Muqaddimahâ€. Pemikiran Ibnu Khaldun tentang konsep pendidikan Islam masih relevan hingga saat ini. Konsep tersebut meliputi: pengembangan sumber daya manusia, perumusan tujuan pendidikan yang idealis dan realistis, penyusunan kurikulum sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik, metode pengajaran yang dimulai dengan proses belajar mengajar tentang masalah yang sederhana sampai kepada masalah yang lebih komplek serta mengedepankan pendidikan karakter atau akhlakul karimah. Seperti pendidikan saat ini Ibnu Khaldun memperingatkan bahwa dalam proses belajar hubungan interaktif antara pendidik dan siswa mutlak dibutuhkan demi tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan.

Referensi

Muhammad Jawwad Ridla, Tiga ALiran Utama Teori Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002.

Djamaluddin dan Abdullah Aly, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2000.

Imam dan Barizi Ahmad Tolkhah, Membuka Jendela Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, 2004.

Yusri Abdul Ghani Abdullah, Historiografi Islam Dari Klasik Hingga Modern, Jakarta: Raja Grafindo, 2004.

Toto Suharto, Epistimologi Sejarah Kritis Ibnu Khaldun, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003.

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999.

Martiningsih Wahyu, Biografi Para Ilmuwan Muslim, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2009.

Toto Suharto, Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Hasan Basri, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Sulaiman, Fathiyah Hasan, Ibnu Khaldun tentang Ilmu dan Pendidikan, Bandung: CV.Diponegoro, Cet.II, 2002.

Nurafifah, Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan, Skripsi (Surakarta: Universitas Muhammadiyah, 2012.)

Ibnu Khaldun, Muqaddimah (Terjemah), Jakarta: Ahmadie Thoha Pustaka Firdaus, 2011.

Diterbitkan
2017-03-14
##submission.howToCite##
Lisnawati, L. (2017). Konsep Ideal Pendidikan Islam Menurut Pandangan Ibnu Khaldun dan Hubungannya dalam Konteks Pendidikan Modern. AL-Muta’aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 54-73. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/2810

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##