Menjajaki Potensi Islamisasi Ilmu Ekonomi

  • Nanang Qosim Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Abstract

Ilmu pengetahuan itu tidak bebas nilai. Ia adalah produk dari kebudayaan dan peradaban. Dalam sejarahnya, ilmu Ekonomi adalah salah satu ilmu yang berasal dari peradaban Barat yang mempunyai nilai-nilai yang tidak hanya menyebabkan kemakmuran masyarakat tetapi juga sekaligus menghancurkan dan mendzalimi mereka. Di samping itu, ilmu ekonomi tersebut telah menciptakan manusia-manusia yang hanya meraih kemewahan dunia dan melupakan kehidupan sesudah mati. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memperkenalkan worldview (cara pandang) Islam terhadap ilmu-ilmu pengetahuan terutama ilmu ekonomi dan berupaya mengislamisasikannya. Metode penelitian ini adalah dengan membaca berbagai literature, menganalisis dan menghubungkan keterkaitannya. Hasilnya adalah bahwasanya islamisasi ilmu ekonomi itu sangat penting dan mendesak untuk mengarahkan manusia kepada tujuan yang benar dalam hidupnya. Dengan worldview Islam, maka akan tercapai kebahagiaan hidup di dunia dan kehidupan akhirat.
Published
2016-12-29
How to Cite
Qosim, N. (2016). Menjajaki Potensi Islamisasi Ilmu Ekonomi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2), 129-142. https://doi.org/10.54180/elbanat.2016.6.2.129-142
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.