Beberapa Pendekatan Metodologis Ilmu Sosial dalam Perspektif Studi Islam

  • Toha Machsun Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Abstract

Sejak kedatangannya, Islam telah tampil sebagai agama yang memberikan perhatian pada keseimbangan hidup antara dunia dan akhirat, antara hubungan manusia dengan tuhan, antara hubungan manusia dengan manusia, dan antara urusan ibadah dengan urusan muamalah. Islam memandang keterkaitan agama dengan masalah kemanusiaan sangat erat. Oleh karena itu posisi agama harus diperhatikan sebagai landasan berfkir dalam mengembangkan ilmu sosial. Dengan kata lain ilmu pengetahuan sosial harus digali dari nilai-nilai agama yang disebut sebagai ilmu sosial profetik. Ini menjadi penting jika dikaitkan dengan situasi kemanusiaan di zaman moden ini. Sebab faktanya dunia modern menyimpan suatu potensi yang dapat menghancurkan martabat manusia jika jauh dari nilai-nilai agama.
Published
2016-05-22
How to Cite
Machsun, T. (2016). Beberapa Pendekatan Metodologis Ilmu Sosial dalam Perspektif Studi Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1), 15-26. https://doi.org/10.54180/elbanat.2016.6.1.15-26
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.