Metode Studi Islam; Gagasan Pengembangan Metode Studi Islam di Masa Depan

  • Siti Aminah Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Abstract

Perkembangan metodologi studi Islam akhir-akhir ini dapat dikatakan mengalami kemajuan yang signifkan. Di samping karena adanya warisan klasik kesarjanaan muslim yang hingga kini masih bertahan kuat, kemajuan itu juga sebagai akibat –langsung atau tidak langsung– sentuhan dengan tradisi keilmuan Barat yang telah dahulu maju dalam berbagai disiplin keilmuan. Sesungguhnya, Islam layak menerima perhatian yang besar dalam studi agama lantaran perkembangan dan pengaruh global terhadap penduduk muslim dunia. Pemahaman tentang Islam sebagai agama (understanding Islam as religion) dan pemahaman tentang agama dari sudut pandang Islam (understanding of religion in terms of Islam) merupakan persoalan yang perlu dielaborasi dalam diskusi dan pembahasan para sarjana di bidang studi agama.
Published
2016-05-22
How to Cite
Aminah, S. (2016). Metode Studi Islam; Gagasan Pengembangan Metode Studi Islam di Masa Depan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1), 63-79. https://doi.org/10.54180/elbanat.2016.6.1.63-79
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.