Reformasi Pendidikan dengan Islamisasi Ilmu

  • Masruli Abidin Pascasarjana Institut Studi Islam Darussalam Gontor

Abstract

Reformasi pendidikan adalah upaya perbaikan pada bidang pendidikan. Ia memiliki dua karakteristik dasar yaitu terprogram dan sistemik. Reformsi pendidikan yang terprogram menunjuk pada kurikulum atau program suatu institusi pendidikan. Yang termasuk kedalam reformasi terprogram ini aadalah inovasi. Sedangkan reformasi sistemik berkaitan dengan adanya hubungan kewenangan dan distribusi serta alokasi sumber daya yang mengontrol sistem pendidikan secara keseluruhan. Hal ini sering kali terjadi di luar sekolah dan berada pada kekuatan social dan politik. Karakteristik reformasi sistemik ini sulit sekali diwujudkan karena menyangkut struktur kekuasaan yang ada. Sebelum melakukan reformasi tentu dibutuhkan konsep yang matang. Tawaran yang sangat mungkin yaitu reformasi dimulai dengan islamisasi ilmu sebagai subtansi yang sangat penting.
Published
2016-05-23
How to Cite
Abidin, M. (2016). Reformasi Pendidikan dengan Islamisasi Ilmu. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1), 89-101. https://doi.org/10.54180/elbanat.2016.6.1.89-101
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.