Studi Perbandingan Pendidikan Akhlak Perspektif al-Ghazāli dan al-Attas

  • Moch. Tolchah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami gagasan pendidikan fundamental dari tokoh cendikiawan muslim AbÅ« HÄmid MuhÌ£ammad al-GhazÄlÄ« dan Syed Muhammad Naquib al-Attas tentang pendidikan akhlak. Konsep tersebut dijadikan sebagai gagasan dasar dalam membangun sumber daya manusia. Beberapa temuan dalam penulisan ini dapat disimpulkan: Pertama, konsep pendidikan akhlak menurut al-GhazÄlÄ« merupakan proses menghilangkan sifat-sifat tercela yang ada pada diri dan menanamkan sifat terpuji, yang bertujuan menghasilkan insÄn kÄmil dan mendekatkan diri kepada AllÄh. Pendidikan akhlak yang dikemukakan al-GhazÄlÄ« menekankan pada unsur jiwa yang mempunyai kedudukan sentral pada diri manusia sehingga dalam metode pendidikan akhlak beliau memilih menggunakan metode tazkÄ«yat al-nafs, mujÄhadah dan riyÄdÌ£ah. Menurut al-GhazÄlÄ« guru mempunyai tugas dan kedudukan yang agung sebagaimana Rasul, serta memberikan kriteria kepribadian yang dimiliki guru dan murid. Kedua, konsep pendidikan akhlak al-Attas diadopsi dari konsep ta’dÄ«b yang sudah mencakup unsur-unsur ‘ilm, ta‘lÄ«m dan tarbÄ«yah serta penekanannya cenderung lebih banyak pada perbaikan budi pekerti dengan menggunakan metode tawhÄ«d, cerita dan metafora. Di lain pihak Al-Attas menganjurkan pendidik dan peserta didik mempunyai niat ikhlas dalam mengajar dan menuntut ilmu. Ketiga, konsep pendidikan akhlak yang ditawarkan al-GhazÄlÄ« dan al-Attas mempunyai tujuan yang sama, membentuk insÄn kÄmil dan taqarrub kepada AllÄh. Mereka menganjurkan sifat keihklasan dimiliki oleh guru dan murid dalam pembelajaran, karena pembelajaran adalah kegiatan memberi dan menerima yang akan tersampaikan jika ada niat ikhlas dalam pelaksanaannya.
Published
2019-06-02
How to Cite
Tolchah, M. (2019). Studi Perbandingan Pendidikan Akhlak Perspektif al-Ghazāli dan al-Attas. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 79-106. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.79-106
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.