Implementasi Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar

  • Nur Fatimah Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Abstract

Wacana akan terjadinya diintegrasi karakter masyarakat dalam beberapa dekade ini tampaknya mendekati kenyataan. Dalam kondisi semacam ini menjadi perlu adanya pendidikan karakter yang baik dan harus diaplikasikan sejak masa golden age. Mengapa demikian? Jawaban dari persoalan ini menjadi kajian utama dalam artikel ini. Penelitian ini mendapati bahwa para ahli prikologi menilai bahwa pendidikan karakter sudah harus semestinya dari dalam keluarga, karena keluarga merupakan lingkungan pertama bagi pertumbuhan anak. Selain itu, pendidikan karakter juga perlu diberikan kepada anak-anak saat masuk dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Penekanan usia dini menjadi penting sebab pada usia tersebut nilai-nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab mulai terbentuk dan tertanam dalam alam bawah sadar mereka.
Published
2019-06-25
How to Cite
Fatimah, N. (2019). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 107-128. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.107-128
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.