Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa

  • Naily Rohmah STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Kurikulum, Nilai Pendidikan Islam, Sikap Religius

Abstract

Kehidupan di era globalisasi memungkinkan sikap religius siswa tergerus. Oleh sebab itu, penting untuk dilakukan internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam sejak pendidikan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi kurikulum berikut proses internalisasi nilai pendidikan Islam dalam membentuk sikap religius siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ghilmani Surabaya dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kurikulum SDIT Ghilmani Surabaya menggunakan kombinasi dari kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional, kurikulum Kementerian Agama, dan kurikulum lokal. Proses internalisasi nilai pendidikan Islam terhadap sikap religius siswa dilakukan dengan cara membujuk, membiasakan, menumbuhkan kesadaran siswa, meningkatkan disiplin serta menjunjung tinggi peraturan sekolah. Sedangkan metode pembelajaran melalui ceramah, bercerita, tanya jawab, demontrasi, menumbuhkan kebiasaan baik, dan keteladanan. Dengan demikian, integrasi kurikulum dan internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di SDIT Ghilmani dapat membentuk siswa yang memiliki sikap religius terpuji, taat pada Allah, peduli kepada sesama, berkepribadian baik, jujur, disiplin dan bertanggungjawab.
Published
2019-12-09
How to Cite
Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 197-218. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.197-218
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.