Kecerdasan Spiritual Anak; Dimensi, Urgensi dan Edukasi

  • Siti Sofiyah STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Kecerdasan Spiritual, Pendidikan Islam, Keluarga

Abstract

Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagaimana membina kecerdasan spiritual anak dalam keluarga. Adapun tujuan penulis mengangkat topik ini adalah untuk mengungkap peran orang tua dalam membina kecerdasan spiritual anak dalam lingkungan keluarga. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif ini, dapat diambil kesimpulan bahwa kecerdasan spiritual adalah sesuatu yang berkaitan dengan ruh, semangat dan jiwa religius serta memiliki pola pemikiran tauhid (integralistik) serta berprinsip hanya karena Allah. Secara umum, ada dua faktor utama yang mempengaruhi kecerdasan yaitu; figur genetik atau bawaan dan faktor lingkungan yaitu lingkungan rumah, kecukupan nutrisi, interfensi dini dan pendidikan di sekolah. Maka, langkah-langkah yang harus diperhatikan orang tua dalam pembinaan kecerdasan spiritual pada anak antara lain: melibatkan anak dalam kegiatan-kegiatan keagamaan, bacakan puisi-puisi atau lagu-lagu yang spiritual dan inspirasional, bawa anak untuk menikmati keindahan alam, ikut sertakan anak dalam kegiatan-kegiatan sosial dan jadilah cermin positif. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi orang tua, pendidik, dan penanggungjawab pendidikan pada umumnya dalam upaya menanamkan kecerdasan spiritual sejak dini pada anak.
Published
2019-12-09
How to Cite
Sofiyah, S. (2019). Kecerdasan Spiritual Anak; Dimensi, Urgensi dan Edukasi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 219-237. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.219-237
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.