Komparasi Konsep Sosiokulturalisme dalam Pendidikan: Perspektif Barat dan Islam

  • Nia Indah Purnamasari STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Pendidikan Islam, Sosiokulturalisme, Interaksi Sosial, Sikap Keagamaan

Abstract

Tulisan ini menguraikan kerangka konseptual sosiokulturalisme pendidikan Barat yang direpresentasikan oleh Lev Vygotsky. Kerangka tersebut menekankan pada pentingnya interaksi sosial bagi perkembangan belajar anak didik. Pengembangan berlangsung seiring dengan perubahan-perubahan yang ada di lingkungan sosialnya, sehingga akan membentuk kepribadian mereka. Kosepsi ini memiliki kesamaan dengan pendidikan Islam dalam proses pembelajaran, yaitu sama-sama memandang bahwa interaksi sosial dan budaya merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran, karena hal itu dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian dan pola pikir individu dalam proses pembelajaran. Sedangkan perbedaan di antara keduanya, yaitu konsep sosiokulturalisme dalam pendidikan Barat lebih menekankan pentingnya interaksi sosial dalam proses pembelajaran bagi perkembangan belajar seseorang. Proses tersebut tanpa tujuan akhir kecuali untuk membentuk tingkatan kognitif yang lebih tinggi dan mengalir sejalan dengan perubahan yang ada di lingkungannya. Sedangkan dalam pendidikan Islam lebih menekankan pada keseimbangan antara duniawi dan ukhrawi. Dengan kata lain, di samping memperhatikan subjek-subjek kebudayaan, latihan-latihan praktis dan pemikiran, pendidikan Islam mengutamakan pembinaan semangat dan sikap keagamaan.
Published
2019-12-09
How to Cite
Purnamasari, N. I. (2019). Komparasi Konsep Sosiokulturalisme dalam Pendidikan: Perspektif Barat dan Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 238-261. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.238-261
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.