Peran Ghuruh Tolang dalam Menanamkan Nilai Karakter pada Santri di Musholla al-Ismail Tanah Merah Bangkalan

  • Abdullah Abdullah STIT Al Ibrohimy Bangkalan
  • Moh Ismail Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Ghuruh tolang, pendidikan karakter, pendidikan Islam

Abstract

Membincang pendidikan awal di Bangkalan, acap kali dikaitkan dengan ghuruh tolang. Ghuruh tolang adalah figur pendidik yang berperan penting dalam pembentukan karakter dasar anak, namun jarang dikaji dan diteliti. Penelitian deskriptif ini berupaya menganalisis peran ghuruh tolang dalam menanamkan nilai-nilai karakter islami pada santri di musholla al-Ismail Tanah Merah Bangkalan. Hal mendasar yang dilakukan ghuruh tolang adalah mengajari santri membaca al-Qur’an mulai dari mengenalkan huruf hijaiyah hingga dapat membaca al-Qur’an. Temuan penelitian ini memaparkan bahwa masyarakat Madura (dalam hal ini di Tanah Merah Bangkalan) sangat menjunjung tinggi ahklak dan agama, sebab hal itu menjadi petunjuk dalam kehidupan menuju ke arah yang lebih baik. Dengan dasar tersebut, ghuruh tolang menanamkan karakter pada santri yang meliputi tiga aspek, yaitu jasmaniyah, kejiwaan dan kerohanian yang dilakukan secara intensif dan berkesinambungan.
Published
2019-12-09
How to Cite
Abdullah, A., & Ismail, M. (2019). Peran Ghuruh Tolang dalam Menanamkan Nilai Karakter pada Santri di Musholla al-Ismail Tanah Merah Bangkalan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 129-155. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.129-155
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.