Muskilatu Ta’lim at-Ta’bir as-Syafawy al-Araby wa Tahliluha li at-Thulab as-Shaf an-Namuzdiyati bi Madrasah Al-Qodiri al-Mutawasithoh Jember

  • Hasyim Asy’ari Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Dani Firdaus Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Jawa Timur

Abstract

kemampuan Berbicara (Ekspresi Lisan) adalah keterampilan produktif yang menuntut siswa untuk dapat menggunakan suara secara akurat, menguasai rumus tata bahasa dan sistem struktur kata, Tujuan ahir kemampuan ini untuk merumuskan bahasa dengan benar sesuai konteks sosialnya. Tujuan berbicara bahasa arab ini adalah untuk menyampaikan ungkapan dalam komunikasi, dan ini bisa terwujud dengan mengabaikan tata bahasa dan berbicara sesuai konteks sosialnya, maka inilah yang paling penting dalam pembelajaran bahasa yaitu terjalinnya komunikasi. Jika keterampilan ini diabaikan atau ditunda  maka akan terjadi masalah karena tujuan utama bahasa untuk menggunakannya secara lisan. Dan ketika pelajar sehari-harinya berlalu tanpa mampu mempraktekkannya maka nanti akan merasa frustrasi dan akan merasa bahwa berbicara bahasa arab ini adalah sulit untuk dikuasai Fokus penelitian: 1.Bagaimana metode pembelajaran berbicara bahasa Arab untuk pemula dan solusinya untuk bagi siswa-siswi Unggulan di MTS Al-Qodiri Jember? 2. Apa problem pembelajaran berbicara bahasa Arab untuk pemula dan solusinya untuk bagi siswa-siswi Unggulan di MTS Al-Qodiri Jember? 3. Bagaimana solusi pembelajaran berbicara bahasa Arab untuk pemula dan solusinya bagi siswa-siswi Unggulan di MTS Al-Qodiri Jember? Tujuan Penelitian: 1.Untuk mengetahui metode pembelajaran berbicara bahasa Arab untuk pemula dan solusinya untuk bagi siswa-siswi Unggulan di MTS Al-Qodiri Jember 2. Untuk mengetahui problem pembelajaran berbicara bahasa Arab untuk pemula dan solusinya untuk bagi siswa-siswi Unggulan di MTS Al-Qodiri Jember 3. Untuk mengetahui solusi pembelajaran berbicara bahasa Arab untuk pemula dan solusinya untuk bagi siswa-siswi Unggulan di MTS Al-Qodiri Jember. Metode penelitian ini menggunakan kulaitatif deskriptif untuk mengetahui gambaran Problematika Penmbelajaran Berbicara Bahasa Arab Dan Solusinya bagi siswa-siswi Unggulan di MTS Al-Qodiri Jember             Hasil penelitian : 1. Metode pembelajaran berbicara bahasa arab yang digunakan di MTS Al-Qodiri Jember adalah metode langsung (Direct Methode) dan metode audio lingual. 2. Problematika pembelajaran berbicara bahasa arab di MTS Al-Qodiri Jember adalah Problematika dari guru dan kurikulum. 3. Solusi problematika pembelajaran berbicara bahasa arab di MTS Al-Qodiri Jember adalah solusi untuk guru dan kurikulum. Kata Kunci: Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab, Problematika dan Solusi
Published
2021-05-22
How to Cite
Asy’ariH., & Firdaus, D. (2021). Muskilatu Ta’lim at-Ta’bir as-Syafawy al-Araby wa Tahliluha li at-Thulab as-Shaf an-Namuzdiyati bi Madrasah Al-Qodiri al-Mutawasithoh Jember. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 147-162. https://doi.org/10.53515/lan.v2i2.4285
Section
Articles