ANALISIS PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA USAHA KULINER
Authors
Shafaratin Nurul Hasanah
Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
Suyyinah Suyyinah
Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
Keywords:
Strategi Pemasaran; Keberhasilan Usaha
Abstract
Bisnis yang semakin berkembang pesat saat ini yaitu bisnis kuliner yang memiliki potensi cukup besar bagi kebutuhan dan keinginan konsumen akan makanan. Sudah banyak pelaku usaha yang mendapatkan untung dari usaha kuliner. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran terhadap keberhasilan usaha. Populasi penelitian ini adalah pengusaha kuliner yang berada di Kecamatan Pakong. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling sehingga ditetapkan responden sebanyak 75 responden. Metode analisis datanya adalah kuantitatif deskriptif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan SmartPLS. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa harga dan produk berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha. Sedangkan lokasi dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha.