STRATEGI JITU PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI

Authors

  • Duryatun Nafi’ah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhammad Nizar Universitas Yudharta Pasuruan
  • Abdillah Mundir Universitas Yudharta Pasuruan
  • Mukhsinin Syu’aibi Universitas Yudharta Pasuruan

Keywords:

Efektivitas Strategi Pemasaran, Produk Tabungan Haji, Keunggulan Kompetitif

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran Tabungan Haji dan untuk mengetahui apakah strategi yang diterapkan pada Tabungan Haji efektif dalam meningkatkan keunggulan kompetitifnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berlokasi di Bank Muamalat Pasuruan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa strategi pemasaran pada produk Tabungan Haji yang digunakan Bank Muamalat yaitu menjalin kerjasama dengan instansi lain salah satunya yaitu KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji), selain itu Bank Muamalat juga menerapkan strategi STP (segmentation, targetting, positioning) dan strategi Marketing Mix diantara strategi produk, harga, tempat dan promosi. Upaya Bank Muamalat dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada produk Tabungan Hajinya ialah dengan memperhatikan persaingan harga, eksplorasi peluang, melakukan pertahanan ancaman bersaing, fleksibilitas dan serta menjaga hubungannya dengan pelanggan.

Downloads

Published

2023-07-17

Issue

Section

Articles