PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN LABELISASI HALAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Authors

  • Abdillah Mundir Universitas Yudharta Pasuruan
  • Tomiyadi Tomiyadi Universitas Yudharta Pasuruan

Keywords:

Etika bisnis Islam, Labelisasi halal, Minat beli konsumen, Pasar tradisional,

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana etika bisnis Islam dan label halal memengaruhi minat beli pelanggan di pasar tradisional Dinoyo Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari seratus orang yang mengunjungi pasar tradisional Dinoyo. Data dipelajari menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika bisnis Islam, yang terdiri dari nilai-nilai moral, kejujuran, dan tanggung jawab sosial, memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada konsumen untuk memilih produk halal di pasar Dinoyo tradisional. Namun, label halal tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Konsumen biasanya tidak melihat label halal pada barang yang mereka beli di pasar. Studi ini menemukan bahwa tidak ada korelasi antara etika bisnis Islam dan pelabelan halal dalam mempengaruhi keinginan pembeli di Pasar Tradisional Dinoyo Kota Malang. Masyarakat cenderung hanya membeli barang sesuai kebutuhan mereka tanpa memperhatikan label halal, sehingga etika bisnis Islam tidak dapat memberikan dampak positif pada pelabelan halal.  Hasil penelitian ini memiliki konsekuensi yang signifikan bagi pedagang, produsen, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan pasar tradisional Dinoyo. Di pasar tradisional, memiliki pemahaman tentang bagaimana label halal dan etika bisnis syariah dapat meningkatkan minat beli pelanggan dapat membantu dalam menciptakan strategi pemasaran yang efektif dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang dijual.  

Downloads

Published

2023-07-17

Issue

Section

Articles