STRATEGI PEMASARAN HASIL PERTANIAN DALAM UPAYA MENINGKATAN PENDAPATAN

Authors

  • Anisatul Jannah Universitas Trunojoyo Madura
  • Abdur Rohman Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

Strategi Pemasaran, Hasil Petanian, Peningkatan Pendapatan, Petani, Desa Tlomar.

Abstract

Salah satu faktor terpenting yang harus dipertimbangkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan petani adalah pemasaran produk mereka. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan strategi pemasaran produk pertanian ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan menjamin ketersediaan mereka baik untuk input industri maupun kebutuhan konsumsi langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh petani di desa Tomar dalam upaya meningkatkan pendapatan petani. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan sistematis literature riview dengan sumber primer. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di Desa Tlomar, dapat disimpulkan bahwa petani menggunakan pemasaran langsung, yang melibatkan pertemuan tatap muka dengan pelanggan potensial untuk mengamankan bisnis mereka dan menegosiasikan harga untuk produk pertanian yang mereka pasarkan.  

Downloads

Published

2024-09-15

Issue

Section

Articles