Analisis Pemilihan Plat Form Pembelajaran IPS MI/SD Ditengah Pandemi Bagi Mahasiswa PGMI IAIN Madura
Keywords:
Pembelajaran IPS, Pandemi, DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran IPS di MI/SD ditengah pandemi saat ini. Pendidikan IPS adalah mata pelajaran yang mengkaji kehidupan sosial yang bahannya didasarkan pada kajian sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi dan tata negara. Melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat di masukkan nilai-nilai pendidikan karakter dengen mengintegrasikan materi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tersebut.Dalam rancangan pembelajaran guru hendaknya diarahkan dan difokuskan sesuai dengan kondisi dan perkembangan potensi siswa agar pembelajaran yang dilakukan benar-benar berguna dan bermanfaat bagi siswa, sehingga mereka mampu menjadikan apa yang dipelajarinya sebagai bekal dalam memahami dan ikut serta dalam melakoni kehidupan masyarakat di lingkungannya. Apalagi ditengah pandemi saat ini yang tidak memungkinkan pembelajaran tatap muka. Sehingga dilakukan pembelajaran melalui daring. Tetapi didalam diberlakukan sesuatu tersebut pasti ada kendala yang dihadapi. This study aims to determine how effective social studies learning in MI / SD on in the midst of the current pandemic. Social studies education is a subject that examines social life whose material is based on historical studies, geography, economics, sociology, anthropology and state administration. Through social science learning, the values ​​of character education can be entered by integrating the material in social science learning. In the learning design the teacher should be directed and focused according to the conditions and potential development of students so that the learning carried out is truly useful and beneficial for students. , so that they are be able to make what they learn as provisions in understanding and participating in living the life of the community in their environment. Especially in the midst of the current pandemic which does not is allow face-to-face learning. So that learning is carried out online. But in being put into effect, there must be obstacles to be faced.Downloads
Published
Issue
Section
License
Al-Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan (ISSN : 2549-9157xx) dan (EISSN: 2579-3543xx) diterbitkan oleh Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) STID Raudlatul Iman (STIDAR) Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman Sumenep Madura. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Kajian Dakwah, Interaksi sosial. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Maret dan september