Pembelajaran Kooperatif Stad IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2021/2022
Keywords:
STAD, aktivitas belajar, IPSAbstract
Based on the results of interviews most students interviewed about IPS lessons stated that it is difficult to understand the subject matter if students study individually, resulting in less active student activity results. To overcome these problems, it is necessary to research the application of learning that can increase student learning activities, namely by the application of cooperative learning STAD (Student Teams Achievement Divisions). The purpose of this study is to know the IPS learning activities of class VIII students at SMPN 1 Lenteng Sumenep. The subject of this study was a class VIII Sumenep student who numbered 38 students, consisting of 27 male students and 11 female students. The results of this study are that students' learning activities are measured based on an average increase in the percentage of student learning activities each cycle and the level of success of actions. The research instruments used in this study are tests, observation sheets of student and teacher activities, and field records. The results of the study are known that the application of cooperative learning STAD can increase the learning activities of students of class VIII SMPN 1 Lenteng Sumenep. The increase in student learning activity was shown by an average increase in the percentage of student learning activity and the degree of success of actions from 39.52% (less) in cycle I to 63.97% (sufficient) in cycle II, and increased to 79.96% (good) in cycle III. Berdasarkan hasil wawancara sebagian besar siswa yang diwawancarai tentang pelajaran IPS menyatakan bahwa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran jika siswa belajar secara individu, sehingga hasil aktivitas siswa kurang aktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu dengan penerapan pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aktivitas belajar IPS siswa kelas VIII di SMPN 1 LentengSumenep. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII Sumenep yang berjumlah 38 siswa, terdiri 27 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian ini adalahaktivitas belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa setiap siklus dan taraf keberhasilan tindakan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan catatan lapangan. Hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas VIIISMPN 1 LentengSumenep. Peningkatan aktivitas belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan rerata persentase aktivitas belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan dari 39,52% (kurang) pada siklus I menjadi 63,97% (cukup) pada siklus II, dan meningkat menjadi 79,96% (baik) pada siklus III.Downloads
Published
Issue
Section
License
Al-Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan (ISSN : 2549-9157xx) dan (EISSN: 2579-3543xx) diterbitkan oleh Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) STID Raudlatul Iman (STIDAR) Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman Sumenep Madura. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Kajian Dakwah, Interaksi sosial. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Maret dan september