Persepsi Orang Tua Rantau Terhadap Pendidikan Anak
DOI:
https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3713Kata Kunci:
Perception, Overseas Parents, Children's EducationAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di Desa XXX Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan dimana mayoritas masyarakatnya memiliki profesi sebagai perantau dengan berbagai keahlian yang mereka miliki. Dalam penelitian ini berfokus pada Perantau Ahli Gigi Palsu yang bekerja di berbagai belahan wilayah Nusantara. Pemfokusan ini karena bagi penulis lebih mudah mencari responden untuk mendapatkan data penelitian yang dibutuhkan. Tradisi merantau ini apabila dikaji lebih jauh akan berbenturan dengan kondisi pendidikan anak yang ditinggal di rumah. Oleh karena itu penelitian ini ingin mengetahui bagaimana sebenarnya persepsi para perantau tentang pendidikan anak? Sedangkan pada sisi yang lain, pendidikan anak merupakan hal urgen yang seharusnya mendapatkan perhatian dari para orang tua. Karena pendidikan orang tua (pendidikan dalam keluarga) sangat besar sekali pengaruhnya terhadap pendidikan anak, baik secara intelekual, spiritual, maupun karekter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi dan data tersebut dianalisis menngunakan teknik analisis konten (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) rendahnya pengetahuan orang tua tentang pendidikan anak; 2) tanggung jawab pendidikan anak dibebankan kepada keluarga di rumah; 3) lembaga sekolah dianggap menjadi penanggung jawab pendidikan anak; dan 4) adanya anggapan bahwa pemenuhan kebutuhan ekonomi (finansial) adalah kebutuhan utama bagi anak. Dalam penelitian ini menguraikan tentang persepsi, pendidikan anak usia dini, pendidikan anak dalam Islam, pengalihan fungsi keluarga, tanggung jawab keluarga terhadap pendidikan anak, hakikat merantau dan dampaknya terhadap pendidikan anak.##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Lisensi :
Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies is published under conditions Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, modify, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they credit the author for the original work.