Arabic at the Landmark of al-Irsyad Educational Institution (Competence, Cultural Identity & Religious Attitude)

Penulis

  • Mustolikh Khabibul Umam STAI YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.36835/al-irfan.v4i1.4280

Kata Kunci:

Bahasa Arab, Kompetensi, Identitas sosial, Sikap keberagamaan

Abstrak

Tulisan ini berfokus pada lembaga pendidikan al-Irsyad Tengaran yang menekankan proses pembelajarannya pada bahasa Arab. Bahasa Arab anatara kompetensi, identitas sosial dan sikap keberagamaan menjadikan alasan kenapa lembaga pendidikan berbasis pesantren tersebut masih eksis dan berkembang di sebagian wilayah Indonesia. Sebagai pesantren Islam mereka juga memprioritaskan pengajaran berbasis pemurnian agama Islam yang terbebas dari bid’ah, takhayul dan khurafat. Langkah awal yang mereka lakukan adalah melakukan standarisasi kompetensi bahasa Arab yang sangat diperlukan sebagai bahan evaluasi bagi para pengajarnya untuk melihat seberapa jauh para santri  menguasai materi bahasa arab yang telah diajarkan. Dari sini akan berlanjut dengan pengembangan cara berfikir mereka di masyarakat melalui penyelenggaraan pelatihan dakwah dakwah yang disebar di masyarakat sebagai ajang pembuktian identitas mereka sebagai santri al-Irsyad yang menjunjung tinggi almamaternya. Identitas budaya yang dibangun akan membentuk sikap keberagamaan mereka dimasyarakat yang sudah sejaka awal menggaungkan Islam yang terbebas dari ritul-ritual keagamaan yang mengandung bid’ah, takhayul dan khurafat. Dari ketiganya ini akan membentuk sebuah alasan mengapa bahasa Arab menjadi hal yang sangat penting pada kemajuan dan perkembangan lembaga pendidikan tersebut yang memiliki slogan mengembalikan kejayaan Islam melalui bahasa Arab.

Referensi

al-Irsyad. n.d. lomba-cerdas-cermat-bahasa-arab-di-pia. n.d. (accessed Oktober 13 , 2019).
Arsyad, Azhar. In Bahasa Arab dan metode pengajarannya, 14. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Azra, Azyumari. In Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, 140. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, Cetakan ke-1, 1998.
Dihyatun. Nahwa Istrartijiyaj Ta'limul Lughoh Al Arabiyah Al Fa'aliyah. Performed by Makalah Kuliah Tamu. UIN Malang. Maret 16 , 2003.
Dorais, Louis Jacques. "Into it Identity in Canada" in Folk. Vol. 30, 1988: 23-31.
Furchan, Arief. "Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia." 5. Yogyakarta: Gama Media, 2004.
Hitti, Philip K. In History of Arabs, 708. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2005.
https://www.pesantrenalirsyad.org/profil-pesantren-islam-al-irsyad-tengaran/, diakses 3 Oktober 2019. n.d.
John, Benjamins. In Explorations in the Sociology of Language and Religion, 78. Amsterdam : Publishing Company, 2012.
Kahmad, Dadang. In Sosiologi Agama, 97. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Khalwani, Ahmad. Pentingnya Kemampuan Bahasa Arab untuk Belajar Agama. n.d. (accessed Oktober 4, 2019).
Kushartanti. In Pesona Bahasa; Langkah Awal Memahami Linguistik, 127. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, Cetakan ke-1, 2005.
Lubis, Akhyar Yusuf. In Teori dan Metodologi “Ilmu Pengetahuan Sosial Budaya Kontemporer, 110. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
Moleong, Lexy J. In Metodologi Penelitian Kualitatif , 6. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.
Mu’in, Abdul. In Analisis Kontrastif Bahasa Arab & Bahasa Indonesia “Telaah terhadap Fonetik dan Morfologi , 51. Jakarta: Pustaka al-Husna Baru, 2004.
Murtadlo, Nurul. Metode Pengajaran Bahasa Arab Bagi Masyarakat Indonesia. Performed by Makalah Seminar. UIN , Malang. 2003.
Oniel, Salami. In Arabic and Sociocultural Change among the Yoruba, 45. New York: Palgrave Macmillan, 2010.
Rummens. In Personal Identity and Social Structure in Saint Maartin: A Plural Identity Approach, 157-159. New York University: UnpublishedThesis/Dissertation, 1993.
Soehadha, Moh. In Metode Penelitian Sosial Kualitatif Untuk Studi Agama, 129. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Tarigan, Henry Guntur. In Pengajaran Kompetensi Bahasa, 22. Bandung: Angkasa, 1990.
Thoimah, Rusdi. In Ta’limul Lughoh Lighoiri Nathiqina Biha, Manahijuhu Wa Asalibuhu, 16. ISESCO, 1989.
Wahid, Abdurrahman. In Islam Kosmopolitan; Nilai-nilai Indonesia & Transformasi Kebudayaan, 134. Jakarta: The Wahid Institut, Cetakan ke-1,, 2007.
Wellington, Downes. In Language and Religion: A Journey into the Human Mind , 32. New York: Cambridge University Press, 2011.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-15

Cara Mengutip

Umam, M. K. (2021). Arabic at the Landmark of al-Irsyad Educational Institution (Competence, Cultural Identity & Religious Attitude). Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v4i1.4280

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.