Penerapan Metedo Sugestopedia Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Pertama
Studi Kasus dalam Keterampilan Membaca Siswa VII Mts N 4 Jember
DOI:
https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i1.5169Kata Kunci:
Arabic Learning , Speaking Skills, Suggestopedia MethodAbstrak
Terdapatnya empat keahlian bahasa, seperti menyimak, membaca, berbicara, serta menulis. Keahlian tersebut ialah dari tujuan pendidikan bahasa Arab secara universal yang harus dipelajari, supaya seluruh siswa bisa sanggup menguasainya. Keahlian membaca membutuhkan atensi yang sungguh- sungguh sebab keahlian membaca tidak dapat diperoleh secara otomatis, melainkan wajib belajar serta berlatih. Namun, banyak aspek yang menimbulkan siswa kesusahan dalam proses pembelajaran tersebut. Salah satu penyebabnya terdapat berbagai macam kepribadian siswa di dalam kelas yang membuat para guru wajib pintar dalam memilah metode. Salah satu strategi yang pas sebagai upaya untuk menangani kasus tersebut ialah dengan memakai“ Metode Sugestopediaâ€. Untuk melatih keahlian membaca siswa membutuhkan metode yang cocok, adanya pembelajaran bahasa Arab, dengan menggunakan metode suggestopedia bisa memusatkan siswa agar berlatih membaca bacaan teks bahasa Arab. Yang terdapat di dalam kelas tanpa timbulnya rasa khawatir salah dan perasaan tidak sanggup. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya pelaksanaan metode suggestopedia dalam pembelajaran maharah membaca dalam bahasa Arab. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus, informasi dikumpulkan lewat observasi serta dokumentasi. Analisis informasi dalam penelitian ini memakai teori“ Miles dan Hubermanâ€. Hasil riset menampilkan pelaksanaan metode sugestopedia bisa meningkatkan keahlian membaca dalam pendidikan bahasa Arab siswa kelas VII MTSN 4 Jember. Para siswa mengalami peningkatan terhadap keaktifan, kepercayaan diri, dan antusiasme para siawa terutama dalam keterampilan membaca. Peningkatan yang dimaksud, yaitu peningkatan proses dan hasil belajar siswa, yang bisa dilihat dari proses pembelajaran pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Sesuai hasil penelitian tadi, peneliti menyarankan para guru agar hadirnya metode sugestopedia bisa dijadikan alternatif untuk mengajar materi lain.Referensi
Anggraeni, S. W., & Alpian, Y. (2018). PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 106–122.
Busiri, & Achmad. (2020). URGENSI METODE KETERAMPILAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KAMPUS IAI SUNAN KALIJOGO MALANG. MUHADASAH Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2, 1–15.
Fachrurrozi, A., & Muhyuddin, E. (2010). Pembelajaran Bahasa Asing Metode Tradisional dan Kontemporer. Jakarta, Bania Publishing.
Hafidah. (2012). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif. Journal Forum Tarbiyah, 10, 201–213.
Hamdy, M. Z. (2020). Pembelajaran Keterampilan Membaca (Maharah Qiraah) Menggunakan Koran Elektrronik (Al-Jaridhah Al-Elektroniyah). Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v11i1.3842
Hermawan, A. (2011). Metode Pembelajaran Bahasa Arab (A. S. Wardan (ed.)). Bandung, Remaja Rosdakarya.
Margono, S. (2005). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta, Rineka Cipta.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Cet. 38). Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Nababan, S. U. S. (1993). Metodologi Pengajaran bahasa. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Nuha, U. (2016). RAGAM METODOLOGI & MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Dirusdi Toanto (ed.); cet. 1). Yogyakarta, DIVA Press.
Nurazizah, F. (2018). Penerapan Metode Sugestopedia terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII MTs Nurul Hijrah Jakarta Timur.
Oensyar, K. R., & Hifni, A. (2015). Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. In A. Arifin (Ed.), IAIN Antasari Press: banjarmasin (1st ed.). IAIN Banjarmasin, ANTASARI PRESS. https://core.ac.uk/download/pdf/45258751.pdf
Srirahayu, P., Pratiwi, A. S., & Sunanih. (2020). PENGARUH METODE SUG ESTIPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS 4 SDN CIWALET, TASIKMALAYA. PBSI Vol. 8 No.2, Juli-Desember 2020, 8(2), 159–169.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. ke-17). Bandung, Alfabeta.
Tamsir, N. A., Azis, A., & Usman. (2020). PENGARUH METODE SUGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berada Di Bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License., 1(lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.), 25–31.
Tarigan, H. G. (2009). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung, Angkasa.
Ulwiyah, N., & Sariroh, N. (2019). PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MIN REJOSO PETERONGAN JOMBANG. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 24–38.
Wirdalinda, W. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Sugestopedia Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Menara Ilmu, 13(5), 212–221. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1374
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi :
Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies is published under conditions Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, modify, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they credit the author for the original work.