Strategi Internalisasi Nilai Moderasi dalam Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darus Salam Jombang
DOI:
https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i2.5252Kata Kunci:
internalitation. moderation, curriculumAbstrak
Pembelajaran daring berdampak pada psikologis siswa yakni menurunnya etika, sikap toleran, dan suka egois. Hal ini perlu diberikan solusi yakni melalui strategi internalisasi nilai moderasi dalam pengembangan kurikulum di lembaga pendidikan tempat siswa belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi internalisasi nilai moderasi pada kurikulum Bahasa Arab di pondok pesantren Darus Salam Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Wawancara, observasi dan dokumentasi merupakan teknik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data yang kemudian dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dalam internalisasi nilai moderasi pada pengembangan kurikulum Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darus Salam melalui, 1) Tahap Transformasi Nilai Moderasi melalui perumusan dan sosialisasi visi misi pondok pesantren, integrasi kurikulum Bahasa Arab di pondok pesantren dan di sekolah melalui program harian dan program mingguan pondok pesantren dan juga penginformasian tata tertib Santri yang di majalah dinding dan pada Awal Taaruf; 2) Tahap Transaksi Nilai, pada tahap ini nilai moderasi melalui interaksi baik antara guru dan santri atau musyrif dan santri dalam pelaksanaan program kurikulum pada kegiatan pembelajaran dan materi yang dipelajari; 3)Tahap Tran-internalisasi, pada tahap ini nilai moderasi diinternalisasikan melalui keteladanan dan pembiasaan. Penelitian ini berkonstribusi bagi guru Bahasa Arab dalam membentuk siswa yang berjiwa moderat, toleran dan berkarakter.Referensi
Chadidjah, S. dkk. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI(Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar,Menengah Dan Tinggi). Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 115.
Chairudin, M. (2018). Aspek Pengembangan Internalisasi Nilai Moderasi Islam pada Santri Studi Kasus di Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik. 2nd Annual Conference for Muslim Scholars, April, 683–690.
Fajar Nugraha, R. Z. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.
Hamdy, M. Z. (2020). Pembelajaran Keterampilan Membaca (Maharah Qiraah) Menggunakan Koran Elektrronik (Al-Jaridhah Al-Elektroniyah). Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v11i1.3842
Hendri Yazid, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Psikologis Siswa Akibat Covid-19. Jurnal Human Care, 6(1), 207–213.
Lailatul Qomariyah, Ahmad Sauqi Ahya. (2021). Pematuhan Maksim Kuantitas Grice pada Tuturan Guru dalam Interaksi Kelas Bahasa Arab di MA Al Munawaroh Jombang. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.666
Lailatul Qomariyah, Akhmad Sauqi Ahya. (2020). Al-Khudhu’ al Mabda’ Al Taaddubiy fi Istirotijiyyah al-Tawashul laday al Muallimah Atsna’a Ta’lim al-Lughoh al-Arobiyyah fi Ma’had Al-Munawaroh Bi Jombang. Al Arabi, 4(1), 33–50.
Lailatul Qomariyah, M. A. S. (2021). Politeness Strategies in Internalizing moderation Value used By Teacher of Arabic Language. Asalibuna, 5(1), 82=97.
Mahmudah, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19. Al -Mauizhoh, 2(2, November), 1–14.
Masturaini. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Pondok Pesantren (Studi Pondok Pesantren Shohifatusshofa NW Rawamangun Kecamatan Sukamaju Ka. Institut Agama Islam Negeri PALOPO.
Meilanie, R. S. M. (2017). Pengembangan Model Pembentukan Karakter Untuk Kemandirian, Disiplin, Kejujuran Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 281–292.
Purwanto, Y., Qowaid, Ma’rifatanini, L., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Internalizing Moderation Value Through Islamic Religious Education. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2), 110–124.
Rahma, F. N., Wulandari, F., Husna, D. U., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2470–2477. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.864
Rusmayani. (2018). Penanaman Nilai-nilai Moderasi Islam bagi Siswa di Sekolah Umum. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 2, 786–795.
Sekolah, D. I. (2016). MODEL-MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH Oleh : Uswatun Hasanah (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung). 7, 18–34.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Wijaya, H., & Tulak, H. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Media Sosial. https://doi.org/10.31219/osf.io/g68fs
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 lailatul qomariyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi :
Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies is published under conditions Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, modify, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they credit the author for the original work.